Kekayaan Petinju Amir Khan 4 Kali Lipat Lebih Banyak dari Mike Tyson, Jumlahnya Rp585 Miliar
Petinju Inggris Amir Khan (INSTAGRAM @amirkingkhan)

Bagikan:

JAKARTA — Petinju berkebangsaan Inggris Amir Khan dilaporkan punya kekayaan melampaui petinju legendaris Mike Tyson. Jumlah kekayaan mantan juara kelas welter tersebut empat kali lebih banyak dari Iron Mike.

Meskipun tidak bertinju secara profesional sejak 2019, Khan total punya kekayaan sebesar 30 juta poundsterling atau Rp585 miliar. Jumlah tersebut empat kali lebih tinggi dibanding kekayaan Mike Tyson yang diperkirakan sekitar 7,5 juta poundsterling Rp146 miliar.

Sebenarnya kekayaan Iron Mike di masa jayanya sangat-sangat besar. Jika disesuaikan dengan inflasi, pertarungan tinju besar yang diikuti Tyson selama masa emasnya menghasilkan lebih dari 500 poundsterling juta atau Rp9,7 triliun.

Namun, Tyson kehilangan seluruh kekayaannya akibat kebiasaan belanja yang tidak bijaksana bahkan dikabarkan memiliki hutang sekitar 17 juta poundsterling Rp331 miliar pada waktu itu. Sejak dinyatakan bangkrut dia mulai membangun kekayaannya lagi dan sekarang kembali ke dunia tinju melalui Legends Only League yang ia miliki.

Mike Tyson adalah salah satu petinju kelas berat terbesar sepanjang masa dan terlibat dalam beberapa pertarungan fenomenal tahun 1980-an dan 90-an. 

Tapi, bukan berarti karier Khan tidak luar biasa sebab bagaimanapun juga, 'King Khan’ pernah terlibat dalam beberapa pertarungan besar juga.

Mungkin lawannya yang paling terkenal adalah Saul Canelo Alvarez pada tahun 2016. Ketika itu Khan berhasil mendominasi empat ronde awal yang ketat sebelum Canelo mendaratkan pukulan KO di ronde keenam.

Namun, bukan hanya pertarungannya di atas ring saja yang telah menghasilkan banyak uang. Khan sanggup mengumpulkan kekayaan sebanyak itu karena dia juga seorang pengusaha yang cerdas dan telah membuat banyak penampilan di acara televisi realitas.

Khan diberitakan meminta bayaran tinggi saat dia tampil sebagai kontestan di I'm a Celebrity...Get Me Out of Here!! pada tahun 2017. Jumlah bayaran yang diminta Khan pada saat itu bahkan jauh lebih daripada duelnya di atas ring tinju sebelumnya dalam sejarah.

Selain itu, selama bertahun-tahun ia juga menggunakan nama besarnya untuk meluncurkan perusahaan promosinya sendiri. Di antaranya akademi tinju, promosi MMA di India, dan Liga Super Tinju.

Khan juga dikenal karena pekerjaan filantropisnya, setelah mendirikan badan amalnya sendiri, Amir Khan Foundation. Badan amal ini bekerja termasuk kampanye penyediaan air bersih di Asia dan Afrika, mendukung anak yatim, dan memberikan bantuan kepada pengungsi.

Setelah tidak bertarung sejak 2019, Khan kembali ke ring melawan Kell Brook di Manchester Arena pada Sabtu, 19 Februari kemarin. Ia kalah technical knockout (TKO) dalam pertandingan tersebut dan langsung memberi isyarat gantung sarung tinju usai laga.