Pebasket Kaleb Ramot Dipanggil Timnas Persiapan Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023 Zona Asia
Pebasket Kaleb Ramot Gemilang/FOTO VIA INSTAGRAM @kalebramotg

Bagikan:

JAKARTA - Pebasket Kaleb Ramot Gemilang dipanggil bergabung tim nasional bola basket Indonesia. Dia bakal mengikuti pemusatan latihan timnas setelah dua tahun absen.

Pemanggilan tersebut dilakukan induk basket nasional (PP Perbasi) pada Minggu, 13 Februari. Dengan demikian Ramot bakal bergabung dengan pemain lain untuk persiapan jendela kedua Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023 zona Asia.

"Welcome Back! Melalui surat pemanggilan dari PP Perbasi, Kaleb Ramot Gemilang, akan segera bergabung bersama Timnas Bola Basket Indonesia," demikian bunyi keterangan PP Perbasi di akun Instagram.

Sebelumnya Kaleb mengalami cedera pada pertengahan tahun 2020 lalu. Akibat cedera tersebut ia harus naik ke meja operasi dan absen dari kompetisi IBL pada musim lalu.

Setelah sembuh dari cedera Kaleb kembali ke IBL 2022 dan berhasil tampil gemilang bersama Dewa United. Sejauh ini pebasket 30 tahun tersebut sudah mengemas 100 poin, 22 rebound, dan 13 assist.

"Tentunya senang bisa dapat panggilan dan dipercaya lagi comeback ke Timnas. Mudah-mudahan bisa kasih yang terbaik," kata Kaleb.

Pelatih Rajko Toroman memanggil hampir seluruh pemain yang sebelumnya ikut membela timnas basket di jendela pertama di Lebanon. Hanya Govinda Saputra yang tidak dipanggil kembali mengikuti pemusatan latihan.

Selain itu, pelatih juga memanggil sejumlah pemain muda seperti Ali Bagir, Aldy Izzatur, Ikram Fadhil, Indra Muhammad, Kelvin Sanjaya, Muhammad Arighi, dan Yudha Saputra.

"Melihat materinya kalau untuk jangka pendek sih bagus-bagus ya pemainnya. Tapi kalau untuk jangka panjang, kita juga harus memberikan kepercayaan kepada pemain-pemain muda, apalagi mereka kan punya postur fisik dan kualitas yang bagus," kata Kaleb dikutip situs IBL.

Tim basket Indonesia dijadwalkan melakoni dua laga kualifikasi dalam bulan ini. Pertama tim asuhan Rajko Toroman itu akan menghadapi Arab Saudi pada 24 Februari, menyusul tiga hari kemudian berjumpa dengan Yordania.

Per 9 Februari kemarin semua pemain yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan sudah masuk hotel untuk diinapkan di sana sampai keberangkatan tim tanggal 20 Februari  malam ke Arab Saudi.