Sempat Nyatakan Dukungan ke Timnas, Persebaya Urung Lepas Rizky Ridho dan Marselino ke Pemusatan Latihan
Persebaya (Instagram.com/@oficialpersebaya)

Bagikan:

JAKARTA - Persebaya Surabaya urung melepas dua penggawa mereka, Rizky Ridho dan Marselino Ferdinan untuk mengikuti pemusatan latihan jelang Piala AFF-U23. Padahal, sebelum ini mereka menyatakan dukungan penuh pada program yang dijalani timnas Indonesia.

Penolakan tersebut diajukan pelatih Persebaya, Aji Santoso menjelang laga kontra Persipura Jayapura pada Minggu, 6 Februari mendatang. Bukan tanpa sebab, Aji urung melepas dua nama itu lantaran sadar penggawa Bajul Ijo akan makin menipis jika dua nama tersebut merapat ke Timnas.

“Jika nanti (Rizky) Ridho sama si Marsel (Marselino Ferdinand), jadi (memenuhi panggilan timnas Indonesia U-23) kami tinggal 13 pemain, tidak akan mungkin bisa bermain (lawan Persipura),” tutur Aji Santoso usai laga kontra PSIS, Rabu, 2 Februari.

Sebelumnya diketahui bahwa di laga PSIS Semarang, Persebaya sudah kehilangan 12 pemain karena terpapar COVID-19. Jika Rizky dan Marselino ikut membela timnas di Piala AFF-U23, maka Bajul Ijo hanya memiliki 13 pemain tersisa yang membuat mereka tak bisa melanjutkan kompetisi Liga 1 2021/2022.

Penghentian laga itu merujuk pada peraturan kompetisi yang menyatakan pertandingan bisa ditunda jika suatu tim hanya memiliki minimal 14 pemain. Sementara jika dilihat jumlah pemain Persebaya yang tersisa ada di bawah batas minimal.

Lebih lanjut soal keadaan ini, Aji Santoso akan berkomunikasi dengan manajemen. Hal itu dilakukan demi menyiapkan skema jika 12 pemainnya yang dinyatakan positif statusnya masih belum berubah jelang laga melawan Persipura Jayapura.

“Nanti saya akan berkomunikasi dengan manajemen, kalau pemain nasional mereka harus dipaksa berangkat, ya mungkin tidak apa- apa, tapi pertandingan harus ditunda, karena pemain kami tidak cukup sekarang,” bebernya.

Meski demikian, Aji menghormati keputusan yang diambil Shin Tae-yong yang memanggil ketiga pemainnya untuk melakukan pemusatan latihan bersama timnas jelang Piala AFF U-23.

"Saya sih berharap mereka bisa bertahan (di Persebaya), tetapi kalau coach Shin Tae-yong menginginkan mereka, ya kompensasinya pertandingan berikutnya Persebaya tidak bisa main,” tukasnya.

Pernyataan Aji Santoso yang berat melepas dua pemain ini jelas berbanding terbalik dengan yang dikatakan manajer Persebaya, Candra Wahyudi sebelumnya. Meski sempat juga menolak, tapi Rabu kemarin Candra mendukung penuh tiga pemainnya itu tampil membela timnas U-23.

“Persebaya mendukung program timnas agar meraih prestasi terbaik," kata Candra sebelumnya.