Tak Lagi Protes Banyak Pemainnya yang Dipanggil Timnas, Manajer Persebaya: Mendukung Demi Prestasi Terbaik
Persebaya (Twitter.com/@Persebayaupdate)

Bagikan:

JAKARTA - Jelang Piala AFF U-23 2022 di Kamboja, timnas Indonesia tengah mematangkan persiapan dengan melakukan pemusatan latihan. Dari 29 nama yang dipanggil, tiga di antaranya merupakan penggawa Persebaya Surabaya.

Meski sempat meminta pembatasan dua pemain dari setiap klub Liga 1, tapi manajer Persebaya Candra Wahyudi kemudian mendukung penuh tiga pemainnya tampil membela timnas U-23.

"Persebaya mendukung program Timnas agar meraih prestasi terbaik," kata Candra dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Rabu, 2 Februari.

Tiga penggawa Persebaya yang dipanggil memperkuat timnas U-23 di Piala AFF adalah Rizky Ridho, Rachmat Irianto, dan Marselino Ferdinand.

Sebelum tiga nama ini, Ricky Kambuaya dan Ernando Ari juga sempat masuk dalam skuat rancangan Shin Tae-yong untuk agenda FIFA match day melawan Timor Leste.

Chandra sebelumnya memang sempat mengirimkan surat permohonan pembatasan pemain yang dipanggil timnas Indonesia ke PSSI. Ia meminta klub hanya mengirim maksimal dua pemain untuk membela negara.

Langkah itu diambil Chandra karena Persebaya sempat kehilangan lima pemainnya saat Indonesia melawan Timor Leste. Situasi ini dianggap merugikan Persebaya yang juga tengah bersaing meraih juara Liga 1 musim ini.

Selain karena alasan di atas, permohonan dibuat Chandra karena saat ini Persebaya juga sedang dilanda krisis pemain lantaran Ady Setiawan, Reva Adi Utama, dan Akbar Firmansyah dikonfirmasi positif COVID-19.

Kendati demikian, Persebaya mengaku sudah menyiapkan pemain pengganti untuk menjaga keseimbangan tim.

"Pasti (disiapkan pemain pengganti)," ujar Candra melanjutkan.

Soal situasi pemain yang dilanda badai COVID-19, manajemen klub sejauh ini masih terus memantau perkembangan pemain. Selain itu, mereka juga sudah memiliki jadwal tetap tes PCR untuk mencegah penularan lebih luas.

"(Pemain) yang positif menjalani isolasi sampai dinyatakan negatif. Hari ini dilakukan tes PCR lagi dan masih menunggu hasilnya," tutupnya.