Piala Dunia Antarklub 2021 Dimulai Hari Ini, Catat Jadwal Lengkapnya
Ilustrasi  (Twitter.com/@FIFAcom)

Bagikan:

JAKARTA - Piala Dunia Antarklub yang merupakan ajang tahunan FIFA akan kembali digelar pada tahun ini. Jadi edisi ke-18, turnamen ini akan memulai laga pertamanya pada Kamis, 3 Februari di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Dalam turnamen ini terdapat tujuh peserta yang akan tampil memperebutkan gelar juara. Klub pertama ada Chelsea yang mewakili UEFA, kemudian Palmeiras yang jadi perwakilan Conmebol, Al Hilal untuk AFC, Al Ahly mewakili CAF, Monterrey wakil CONCACAF, AS Pirae untuk OFC, dan Al Jazira selaku tuan rumah.

Tujuh klub yang tampil sebagai peserta, mayoritas pernah ikut dalam agenda turnamen ini di tahun sebelumnya. Untuk edisi ke-18 ini, meski turnamen dilangsungkan pada tahun 2022 tapi FIFA tetap menamakan turnamen Piala Dunia Antarklub 2021.

Hal ini tak terlepas dari padatnya agenda sepak bola tahun lalu dan situasi pandemi yang tak menentu. Karena hal tersebut, turnamen yang awalnya berencana digelar di Jepang ini pun terpaksa digeser ke Uni Emirat Arab pada 2022.

Babak pertama Piala Dunia Antarklub 2021 akan dibuka dengan duel antara rumah, Al Jazira yang berhadapan dengan AS Pirae di Stadion Mohammed Bin Zayed pukul 23.30 WIB.

Laga kemudian berlanjut ke babak kedua yang digelar pada Sabtu, 5 Februari. Pada tahap ini giliran Al Ahly berhadapan dengan Monterrey. Sementara babak ketiga yang berlangsung pada Minggu, 6 Februari pemenang antara Al Jazira dan AS Pirae akan bertemu dengan Al Hilal.

Chelsea dan Palmeiras sendiri baru akan turun pada babak semifinal di hari Rabu, 9 Februari. The Blues akan menghadapi tim yang memenangi laga Minggu, 6 Februari. Sementara itu, Palmeiras juga akan menunggu lawan yang memenangi duel antara Al Ahly vs Monterrey.

Sementara itu, partai final baru akan berlangsung pada Sabtu, 12 Februari. Selain mencari juara, Piala Dunia Antarklub 2021 juga menyediakan jatah bagi klub peringkat ketiga. Perebutan peringkat ketiga akan berlangsung sebelum laga final. Sedangkan perebutan peringkat kelima akan ditandingkan pada Rabu, 9 Februari.

Berikut adalah jadwal pertandingan Piala Dunia Antarklub 2021

Kamis 3 Februari (Babak Pertama)

Al Jazira vs AS Pirae

Sabtu, 5 Februari (Babak Kedua)

Al Ahly vs Monterrey

Minggu, 6 Februari

Al Hilal vs Al Jazira / AS Pirae

Selasa, 8 Februari (Semifinal)

Palmeiras vs Al Ahly / Monterrey

Rabu, 9 Februari

Chelsea vs Al Hilal / Al Jazira / AS Pirae

Rabu, 9 Februari (Perebutan tempat kelima)

Sabtu, 12 Februari (Perebutan tempat ketiga)

Sabtu, 12 Februari (Final)