Tertinggal Lebih Dulu, Timnas Indonesia Bekuk Timor Leste 4-1
Indonesia Vs Timor Lester (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia berhasil menutup pertemuan perdana dengan Timor Leste dengan hasil memuaskan. Dalam laga FIFA Matchday, Skuat Garuda menang 4-1.

Duel antara timnas Indonesia vs Timor Leste berlangsung di Stadion I Wayan Dipta, Bali. Dalam laga yang berlangsung Kamis, 27 Januari pukul 19.00 WIB itu Skuat Garuda sempat tertinggal lebih dulu.

Timor Leste benar-benar membuktikan janji mereka untuk memberi kejutan kepada Indonesia. Anak asuh Fabio Magrao itu lebih dulu membobol pertahanan Skuat Garuda lewat upaya brilian Paulo Freitas di menit 35.

Skuad Garuda berusaha tampil lebih menekan demi mengejar ketertinggalan. Namun, usaha anak asuh Shin Tae-yong ini masih belum membuahkan hasil hingga turun minum.

Ketinggalan satu gol di babak pertama jelas jadi tekanan besar bagi Evan Dimas dkk, tapi dengan tenang mereka berusaha membuat peluang demi menyamakan kedudukan.

Usaha itu pun akhirnya berbuah manis di menit ke-65, di mana umpan yang diberikan Ronaldo Kwateh bisa diolah dengan baik menjadi gol oleh Ricky Kambuaya dan mengubah skor jadi 1-1.

Skor penyama kedudukan dari Kambuaya membuat asa timnas untuk menang kembali membuncah. Hal itu semakin manis karena Evan Dimas dkk mendapat kesepatan emas lewat eksekusi penalti.

Menunjuk Pratama Arhan sebagai eksekutor, nasib baik berpihak kepada Indonesia. Tendangan keras terarah yang dilesakkan Arhan membawa timnas unggul 2-1 atas Timor Leste. Peluang mendongkrak ranking FIFA pun makin terbuka lebar.

Permainan makin panas jelang menit-menit akhir karena Timor Leste masih berupaya keras mewujudkan janji untuk mengejutkan Timnas. Namun, alih-alih berhasil, kejutan itu malah berbalik kepada mereka.

Pasalnya, dua gol bunuh diri dari pemain mereka malah menambah sumbangan gol untuk Skuat Garuda. Kiper Mendoca da Silva dan Filomeno membobol gawang sendiri pada di menit 77 dan 80.

Kesalahan besar yang dilakukan Timor Leste di menit-menit akhir, jadi keuntungan buat Timnas. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor akir 4-1 berpihak kepada Timnas.

Kemenangan 4-1 yang diraih Evan Dimas dkk di laga uji coba perdana kontra Timor Leste ini jadi kabar baik. Sebab, sudah bisa dipastikan bahwa ranking Indonesia di FIFA bisa merangsak naik, apalagi masih ada pertemuan kedua yang akan berlangsung pada 30 Januari mendatang.