Tes Berkala Atlet Pelatnas Tak Ada Nama Praveen/Melati, Sinyal Kuat Ganda Campuran Nomor 5 Dunia Didepak
Atlet tunggal putra Jonatan Christie menjalani tes berkala di Pelatnas PBSI pada Rabu, 19 Januari 2022 (PBSI)

Bagikan:

JAKARTA - Atlet-atlet penghuni Pelatnas PBSI siap kembali berlatih seperti biasa. Mereka telah menjalani tes sebelum memulai lagi rutinitas sebagai atlet profesional.

Kevin Sanjaya Sukamuljo dan rekan-rekannya mengikuti tes di Cipayung, Jakarta Timur pada hari Rabu, 19 Januari.

Serangkain tes yang diikuti adalah pemeriksaan laboratorium, pemeriksa tanda-tanda vital, tinggi-berat badan, rontgen, pemeriksaan postural, foot scan, dokter umum, EKG, gizi, dan beighton score test.

"Idealnya itu memang data atlet-atlet eksisting harus diperbarui setiap enam bulan hingga satu tahun sekali," dokter PBSI, dr. Grace Joselini Corlesa, dalam keterangan resmi yang diterima oleh VOI.

Tes ini merupakan tes berkala untuk kesehatan baik secara fisik maupun secara medis di PBSI. Tes berguna mencegah atlet cedera atau masalah lainnya serta untuk memperbarui data kesehatan yang didapat tahun lalu.

Secara umum tidak banyak perubahan signifikan yang dialami atlet-atlet penghuni Pelatnas, kecuali perubahan kecil pada komposisi tubuh yang mencakup masa otot dan masa lemak. Perubahan kecil itu terjadi karena berubahnya jadwal latihan dan jadwal makan atlet.

"Ini yang menjadi catatan, tapi menurut saya masih wajar karena mereka habis liburan. Setelah masuk dalam program latihan lagi, saya yakin mereka bisa cepat kembali ke kondisi normal dan proporsional," kata Grace.

Atlet-atlet Pelatnas dipulangkan ke klub masing-masing sejak tanggal 18 Desember 2021. Setelah menjalani tes kesehatan hari ini, mereka akan mengikuti tes fisik pada Kamis, 20 Januari besok.

Selain Kevin, hadir dalam tes berkala kali ini ada nama-nama seperti Fajar Alfian, M. Rian Ardianto, Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting hingga Greysia Polii, dan Apriyani Rahayu.

Menariknya tidak ada nama top ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktaviati serta Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja yang termaktub dalam keterangan tersebut. Ini jelas memperkuat rumor terkait keempat nama tersebut bakal terdepak dari Pelatnas.

PBSI sebelumnya memanggil atlet berdasarkan surat 012/3/I/2022 yang diteken oleh Wakil Sekretaris Jenderal PP PBSI Edi Sukarno. Dalam surat tersebut nama Praveen, Melati, Hafiz, dan Gloria memang tidak.

PBSI sendiri tidak memberikan daftar nama-nama lengkap atlet yang hadir mengikuti tes hari ini. VOI sudah berusaha menghubungi pihak Humas induk bulu tangkis nasional itu, tetapi hasilnya nihil.