Akhiri Kontrak Sponsor dengan Nike, Neymar Pilih Puma?
Pesebakbola Neymar Jr (Instagram @neymarjr)

Bagikan:

JAKARTA - Kebersamaan Neymar dengan sponsor peralatan olahraga Nike akhirnya berakhir. Neymar tak lagi memperpanjang kontraknya dengan apparel asal Amerika Serikat itu, setelah bermitra selama hampir 15 tahun lamanya. 

"Saya dapat mengonfirmasi bahwa Neymar bukan lagi atlet Nike," kata juru bicara Nike Josh Benedek dalam surat elektroniknya, seperti dikutip dari Antara, Minggu, 30 Agustus.

Neymar sudah menjalin kerja sama dengan Nike selama 15 tahun. Karier sepakbola penyerang asal Brasil itu selalu didukung perusahaan penyedia alat olahraga ternama tersebut sejak berusia 13 tahun.

Ketika Neymar masih bermain di Santos, Nike menjadi sponsor utama klub tersebut. Pemain 28 tahun itu bahkan selalu membela klub-klub yang disponsori Nike, mulai dari Barcelona hingga Paris Saint-Germain.

Menurut laporan Brasil UOL, setelah memutuskan kontrak dengan Nike, pemain Paris St Germain (PSG) itu sedang melakukan pembicaraan dengan Puma untuk menjadi sponsor appareal terbarunya. Hal ini terjadi setelah keduanya gagal mencapai kata sepakat mengenai besaran yang akan diterima sang pemain dalam kontrak barunya.

UOL juga mengatakan hubungan antara Nike dan agen-agen Neymar telah bermasalah sejak beberapa bulan silam. Puma pun belum memberi respon terhadap pertanyaan-pertanyaan mengenai apakah perusahaan itu berusaha merekrut Neymar.

Surat kabar Brasil Folha de Sao Paulo, mengatakan kesepakatan terakhir Neymar dengan Nike merupakan kontrak berdurasi 11 tahun yang semestinya habis pada 2022. Kontrak itu total bernilai 105 juta dolar. 

Neymar, yang belakangan gagal mengantar PSG menjuarai Liga Champions, menggenggam rekor untuk transfer pesepak bola termahal sepanjang sejarah. PSG harus mengeluarkan dana sebesar 222 juta euro untuk mendatangkannya dari Barcelona pada 2017.

Majalah Forbes memperkirakan pendapatan Neymar pada tahun ini bernilai sebesar 95,5 juta dolar, termasuk dari kesepakatan endorse. Neymar pertama kali dikontrak Nike saat ia mencuri perhatian sebagai pemain muda di klub Brasil Santos, yang menjualnya ke Barcelona pada 2013.

Meski tak lagi melanjutkan kontraknya, di atas lapangan hijau, Neymar masih akan mengenakan appareal dari Nike. Perusahaan AS itu merupakan pemasok perlengkapan olahraga untuk PSG dan timnas Brasil.

Tercatat hanya ada enam tim besar di Benua Biru yang bakal memakai Nike sebagai apparel. Mereka antara lain Barcelona, PSG, Inter Milan, Chelsea, Tottenham Hotspur, serta kampiun Premier League 2019/2020 Liverpool