9 Masalah Pokok Sirkuit Mandalika Terus Dibenahi Jelang MotoGP 2022
Sirkuit Mandalika (Instagram MGPA Official)

Bagikan:

JAKARTA – Persiapan menyambut MotoGP Mandalika 2022 terus dilakukan. Ada sembilan masalah pokok yang terus dikerjakan agar penyelenggaraan ajang ini berjalan dengan baik.

Komandan Lapangan Persiapan MotoGP Mandalika 2022 Hadi Tjahjanto pada Rabu, 12 Januari kemarin mengatakan bahwa sembilan masalah pokok yang dibenahi itu merupakan hasil evaluasi atas penyelenggaraan World Super Bike (WSBK) tahun lalu.

"Belajar dari event di WSBK. Berdasarkan evaluasi di lapangan kami menemukan sembilan permasalahan pokok yang harus dikerjakan sehingga nantinya event MotoGP ini bisa berjalan sesuai dengan keinginan kita semua," kata Hadi dalam keterangan yang diterima VOI, Kamis.

Salah satu fokus pembenahan yang dilakukan adalah area sirkuit balapan. Pembenahan di area ini akan berlangsung dalam tiga tier, dimulai tier 1 di area paddock, kemudian tier 2 di sirkuit, dan terakhir tier 3 di area penonton.

Pembenahan sarana pendukung di luar sirkuit juga akan dilakukan. Salah satunya jalan yang dimulai dari bandara di Bypass sampai ke Mandalika berlanjut ke akses yang berada depan sirkuit.

Fokus pengerjaan lainnya adalah melakukan pembenahan dengan cara membuka lima pintu masuk untuk mengantisipasi kemacetan.

Akses itu terdiri dari pintu Pelabuhan di Gili Mas, pintu Pelabuhan di Lembar, pintu Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Kayangan yang khusus untuk pendatang dari Sumbawa, dan pintu di Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid.

"Jadi pintu masuknya itu ada empat (dari) pelabuhan dan satu (dari) bandara," kata Hadi.

Penonton yang datang melalui lima pintu masuk itu akan diurai dengan cara menggunakan shuttle bus. Selain itu, mereka juga harus mengantongi bukti sudah menerima vaksin dua dosis.

Sementara itu, penonton yang belum PCR ataupun antigen akan disediakan di tempat.

Qatar akan menjadi seri pertama penyelenggaraan MotoGP musim ini dalam kalender sementara jadwal balapan yang telah dirilis. Jadwal seri pertama berlangsung pada 8 Maret menyusul seri kedua di Indonesia yang digelar pada 20 Maret.