Kata Mourinho tentang Kekalahan Roma dari Juve: Ketakutan Muncul karena Mentalitas Menurun
Jose Mourinho (Twitter @OfficialASRoma)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih AS Roma, Jose Mourinho mengkritik keras penampilan anak asuhnya usai ditaklukkan Juventus di kandang. Kata Mourinho, mentalitas pasukannya mulai turun ketika Si Nyonya Tua berusaha menyalip keunggulan.

Dalam pertemuan di pekan ke-21 Liga Italia 2021/2022, AS Roma tampil di Stadion Olimpico, markas mereka. Pada laga Minggu malam itu sejatinya tuan rumah sudah unggul pada menit kesebelas melalui Tammy Abraham.

Namun, Juventus membalas tujuh menit kemudian lewat Paulo Dybala. Skor imbang kemudian dipatahkan oleh Roma yang kembali unggul lewat gol Henrikh Mkhitaryan di menit ke-48 dan Lorenzo Pellegrini di menit ke-53.

Juventus lalu membalikkan situasi di menit ke-70 lewat gol Manuel Locatelli. Hanya dalam jangka tujuh menit sejak gol Locatelli, pasukan Massimiliano Allegri menjaringkan dua gol ke gawang Roma melalui Dejan Kulusevski dan Mattia De Sciglio.

Dari momen kebangkitan Juventus itulah Mourinho menilai mentalitas pemainnya mulai memudar. Tim lawan justru tampil makin kuat sebab berhasil mencuri angka.

"Ketika kami membiarkan mereka bangkit untuk (skor) 3-2, sebuah tim dengan mentalitas kuat seperti Juventus, (menunjukkan) karakter yang kuat. Ketakutan muncul karena mental menurun. Bukan soal bagi saya (skor) 3-2, ini masalah bagi mereka, tim saya,” kata Mourinho sebagaimana dipetik dari Football Italia, Senin, 10 Januari.

"Pada akhirnya, ketika Anda sedang sial, Anda bangkit dengan kaki Anda dan temukan karakter Anda. Tetapi ada beberapa orang di ruang ganti yang sedikit terlalu baik, sedikit terlalu lemah," lanjutnya.

Selain itu, pelatih asal Portugal tersebut juga mengatakan performa timnya di laga kali ini kurang lantaran dirinya tidak punya banyak pilihan di bangku cadangan. Rick Karsdrop dan Gianluca Mancini masih menjalani sanksi, pemain pinjaman dari Arsenal, Ainsley Maitland-Niles, langsung diturunkan hanya beberapa jam setelah negosiasi rampung.

Kekalahan atas Juventus merupakan yang kesembilan bagi Roma dari 21 laga yang sudah bergulir. Kehilangan tiga poin di partai kandang membuat Roma kini duduk di posisi ketujuh klasemen, kalah selisih gol dari Fiorentina yang punya nilai sama di posisi keenam tapi punya tabungan dua pertandingan.