Kalahkan AS Roma, Juventus Tempel Ketat Inter Milan
Adrien Rabiot (kedua dari kiri) membawa Juventus menang 1-0 atas AS Roma di pertandingan Serie A Italia. (X/@juventusfc)

Bagikan:

JAKARTA - Juventus menempel ketat pimpinan klasemen Inter Milan setelah mengalahkan AS Roma 1-0 dalam big match Serie A Italia di Stadion Allianz Arena, Minggu, 31 Desember dini hari WIB.

Gelandang Adrien Rabiot menjadi bintang kemenangan Juve yang melakoni laga yang ketat melawan Roma. Di pertandingan itu, Juve harus bekerja keras sebelum meraih tiga poin krusial.

Ya, raihan poin penuh ini sangat berarti bagi Juve yang membayangi ketat Inter. Terutama setelah Inter kehilangan poin karena ditahan Genoa 1-1.

Kemenangan itu menjadikan l Bianconeri yang menduduki peringkat dua mengantungi poin 43. Mereka hanya terpaut dua poin dari Inter.

Sementara, Roma gagal memperbaiki posisinya. Kekalahan itu menjadikan Giallorossi tetap di posisi ketujuh dengan poin 28.

Roma tertinggal lima poin dari Fiorentina yang menduduki peringkat empat atau di zona Liga Champions

Di pertandingan itu, Juve benar-benar kesulitan menghadapi Roma. Apalagi, tim asuhan Jose Mourinho tampil dengan percaya diri setelah mengalahkan Napoli 2-0.

Tak hanya itu, striker Paulo Dybala kembali bermain untuk berduet dengan Romelu Lukaku.

Roma memang tampil agresif. Mereka mengancam pertahanan Juve saat Bryan Cristante mendapat peluang untuk mencetak gol di menit-menit awal. Namun upaya Cristante bisa digagalkan.

Selanjutnya, Juve mulai bangkit dan bermain ofensif. Striker Dusan Vlahovic berpeluang membobol gawang Roma.

Sayangnya, sepakan dia masih melebar. Begitu pula tendangan salto Vlahovic tak memberi hasil positif.

Dybala sempat memanfaatkan kesalahan bek Danilo yang terlalu lemah saat hendak membuang bola. Namun upaya Dybala juga gagal. Skor babak pertama tak berubah.

Memasuki babak kedua, Juve langsung menggebrak. Hasilnya, pertandingan baru berjalan dua menit, tuan rumah sudah unggul setelah Rabiot membobol gawang Roma.

Gol berawal dari umpan Vlahovic kepada Rabiot yang tak mendapat pengawalan dari pemain belakang Roma. Dirinya pun tak kesulitan melepaskan tendangan ke gawang.

Ini merupakan gol pertama pemain timnas Prancis ini di musim 2023/2024. Namun sepanjang tahun 2023 ini, Rabiot sudah mengemas delapan gol.

Setelah unggul 1-0, Juve tetap menekan pertahanan lawan. Bahkan Federico Chiesa sempat memperbesar keunggulan La Vecchia Signora menjelang akhir laga. Namun golnya dianulir karena offside.    

Tidak ada lagi gol yang tercipta. Skor 1-0 untuk Juve bertahan sampai akhir laga.

"Kemenangan ini sangat penting bagi kami," kata Rabiot saat menanggapi laga itu

"Kami menyaksikan laga Inter kemarin. Kami punya peluang untuk mendekati mereka bila menang. Kami harus mempertahankan permainan dengan karakter seperti itu di pertandingan berikutnya," ucap dia lagi.