Meski Gagal Rebut Trofi Kemenangan, Timnas Bawa Pulang Tiga Gelar dari Piala AFF 2020
FOTO via Twitter PSSI

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia masih belum berhasil merebut trofi kemenangan Piala AFF 2020 usai ditumbangkan Thailand di partai final lewat duel imbang 2-2. 

Namun Skuad Garuda tak pulang dengan tangan kosong, tim asuhan Shin Tae-yong membawa tiga gelar dari kompetisi bergengsi se Asia Tenggara ini.

Selain gelar tim, punggawa timnas juga medapat gelar individu. Dimana gelar itu berhasil direbut oleh Pratama Arhan.

Dikutip dari laman AFF, meski timnas tak juara di musim ini tapi mereka membawa pulang gelar sebagai runner up. Gelar ini menjadi yang ke-6 yang diraih Skuad Garuda selama tampil di AFF.

Hasil itu juga membuat Indonesia dinibatkan menjadi negara kedua setelah Thailand yang paling sering masuk final.

Selanjutnya, ada juga gelar lain yang diraih timnas di kompetisi ini. Sebagai kesebelasan penghuni peringkat kedua, tim asuhan Shin Tae-yong ini juga dinobatkan sebagai tim fair play.

Penyerahan penghargaan gelar sebagai tim fair play dilakukan setelah upacara kemenangan Thailand. Dalam kesempatan ini, penghargaan secara simbolis diterima Evan Dimas sebagai perwakilan rekan-rekannya.

Gelar terakhir yang dibawa pulang timnas bukan terkait kerja tim, melain gelar individu sebagai pemain muda terbaik. Gelar ini di raih oleh Pratama Arhan.

Bek kiri timnas Indonesia tersebut menjadi pemain muda terbaik karena ia dinilai apik dalam menyerang dan bertahan dalam tiap penampilannya. Catatan dua gol menjadi bukti kemampuan Arhan menjadi ancaman bagi pertahanan lawan.

Sementara itu, kinerja Arhan dalam bertahan dapat terlihat lewat catatan keberhasilanya melakukan tekel sebanyak 80 persen dan memenangkan lebih dari 50 persen duel dengan lawan. Selain itu Arhan juga tecatat mampu membukukan 76 persen operan sukses dari 178 percobaan yang dilakukan.