Lebih Dekat dengan Manajer Timnas Thailand, Madam Pang: Sosialita yang Tak Cari Keuntungan dari Sepak Bola
Madam Pang dan pelatih Thailand Alexandre Polking (Instagram @panglamsam)

Bagikan:

JAKARTA - Belakangan ini, sosok manajer timnas Thailand, Nualphan Lamsam sukses mencuri perhatian penggemar sepak bola. Hal itu karena sosoknya yang rupawan dan selalu setia mendampingi timnya tampil di Piala AFF 2020.

Di balik penampilan yang memukau sebagai seorang manajer klub sepak bola, Madam Pang - begitu sapaan akrabnya - ternyata juga salah satu sosialita ternama.

Dengan latar belakang tersebut, sudah pasti Madam Pang adalah sosok yang bergelimang materi. Namun, ada satu hal menarik yang ia ungkap di balik keputusannya menjadi manajer timnas Thailand.

Madam Pang mengakui bahwa mengurus tim sepak bola justru jadi hal yang dianggapnya tak akan mendatangkan keuntungan. Maka dari itu baginya, mengurusi tim sepak bola diperlukan ketulusan dan cinta yang besar.

"Saya harus mengakui bahwa satu-satunya hal yang tidak bisa menghasilkan keuntungan adalah sepak bola," ucap Madam Pang dikutip dari Siam Sport.

Namun meski dirinya sadar betul apa yang dilakukan tak akan mendatangkan keuntungan, Madam Pang tetap melakukan pekerjaannya dengan loyal. Ia masih terus setia mendampingi di pinggir lapangan saat pasukan Gajah Perang berjuang.

Madam Pang sendiri rupanya punya catatan apik di dunia sepak bola Thailand. Pada 2015 ia membeli klub Liga Thailand, Port FC, dan kemudian menjabat sebagai presiden klub.

Selain itu, di level tim nasional, Madam Pang juga menjadi manajer timnas wanita Thailand yang sukses lolos ke putaran final Piala Dunia pada 2015 dan 2019. Karena prestasinya itu, Madam Pang kemudian dipercaya menjadi manajer timnas Thailand U-23.

Pada bulan Agustus 2021, Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) lalu memutuskan untuk menunjuk Madam Pang menjadi manajer timnas Thailand. Latar belakangnya sebagai sosialita dan pengusaha yang menyukai sepak bola jelas akan menguntungkan timnas Thailand.

Hal ini terbukti dari cara Madam Pang menstimulus pemain agar tampil bagus. Tak Tanggung-tanggung, ia menjanjikan bonus jika para pemain sukses memenangi laga.

Bahkan, untuk menambah semangat Thailand beraksi di Piala AFF 2020 Madam Pang sudah mempersiapkan bonus 26 juta baht atau setara Rp11,1 miliar jika mampu menjadi juara.

Melihat bagaimana loyalitas Madam Pang pada tim, tak ayal banyak yang menyebut kesuksesan timnas Thailand di pintu juara Piala AFF itu berkat peran besar manajer Madam Pang.