Bagikan:

JAKARTA - Sempat vakum selama satu tahun lantaran pandemi COVID-19, kompetisi bergengsi bola voli Indonesia, Proliga, akan kembali bergulir.

Kepastian ini disampaikan oleh Pengurus Besar Persatuan Voli Seluruh Indonesia (PB PVSI), Imam Sudjarwo yang mengatakan Proliga 2022 akan dilaksanakan mulai 7 Januari hingga 27 Maret mendatang.

"Kerinduan masyarakat akan terobati dengan hadirnya Proliga 2022 yang akan dimainkan lagi mulai 7 Januari sampai dengan 27 Maret," kata Imam dalam jumpa pers daring di kantor Kemenpora, Jakarta, pada Jumat, 17 Desember siang.

Soal penyelenggaraan Proliga musim ini yang hanya berlangsung tiga bulan, Imam menjelaskan, tim voli harus bersiap menghadapi SEA Games di Vietnam.

"Kalau biasanya (berlangsung) selama lima bulan, kalau ini kita hanya akan (kompetisi) tiga bulan, karena setelah itu kita akan menghadapi SEA Games di Vietnam,” lanjut Imam.

Terkait sistem penyelenggaraan Proliga musim 2022 yang diadakan di tengah pandemi COVID-19, Imam juga menjelaskan bahwa nantinya kompetisi akan menggunakan sistem terpusat di mana semua agenda akan berlangsung di satu lokasi yang sudah ditentukan, yaitu di GOR Padepokan Bola Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor.

"Selama pertandingan Proliga, akan dilaksanakan di satu tempat dan terpusat. Jadi semua babak penyisihan, empat besar dan final akan dilaksanakan di sana tanpa penonton," beber Imam.

Mengingat kompetisi ini dilangsungkan di tengah pandemi, Imam pun menegaskan pihak penyelenggara akan menerapkan protokol kesehatan tingkat tinggi. Salah satunya dengan digelar secara tertutup dan tanpa penonton.

Kendati begitu, Imam memastikan bahwa PVSI akan menyediakan layanan siaran langsung agar masyarakat Indonesia tetap bisa menyaksikan setiap pertandingan Proliga 2022.