Vakum 2 Tahun, Rangkaian Proliga 2022 akan Dibuka Tim Putri Jakarta Elektrik dan Popsivo Polwan
Jakarta Popsivo Polwan (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kompetisi voli Proliga 2022 kembali bergulir pada hari ini setelah sempat vakum sejak Maret 2020. Tim putri Jakarta Elektrik PLN dan Jakarta Popsivo Polwan bakal membuka rangkaian kasta tertinggi voli nasional tersebut.

Musim ini Proliga dimainkan dengan sistem semi gelembung karena pandemi COVID-19. Seluruh pertandingan akan digelar di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 7 Januari.

Mengutip Antara, upacara pembukaan ajang voli bergengsi Tanah Air itu akan berlangsung pada pukul 13:15 WIB. Adapun laga antara Jakarta Elektrik PLN melawan Jakarta Popsivo Polwan dimulai pada pukul 14:00 WIB.

Sementara itu, di sektor putra, pertandingan pertama pada musim ini mempertemukan tim Palembang Bank Sumsel Babel dan Surabaya Bhayangkara Samator. Laga ini akan digelar pada pukul 16.00 WIB.

Proliga musim ini dipastikan tidak bisa disaksikan langsung oleh penonton. Meski demikian, aksi Jakarta BNI 46 dan tim-tim lainnya bisa ditonton para penikmat voli di tayangan televisi Tanah Air atau siaran streaming.

Total sebanyak sebelas tim yang akan beraksi pada Proliga musim ini, masing-masing enam tim sektor putra dan lima tim sektor putri. Pada sektor putra, tim peserta adalah Jakarta Pertamina Pertamax, Surabaya Bhayangkara Samator, Jakarta BNI 46, Kudus Sukun Badak, Palembang Bank Sumsel Babel, dan Bogor Lavani.

Sementara itu, di nomor putri ada Jakarta Pertamina Fastron, Jakarta Elektrik PLN, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta Popsivo Polwan, dan Bandung BJB Tandamata.

Di pekan pertama putaran I Proliga 2022 bakal bergulir sebanyak tujuh pertandingan. Adapun secara keseluruhan, Proliga 2022 akan menyuguhkan 66 pertandingan.

Di babak penyisihan pertandingan terbagi ke dalam dua putaran. Putaran pertama berlangsung pada 7-30 Januari, sedangkan putaran kedua pada 11 Februari-6 Maret.

Setelah itu, sebanyak empat tim terbaik masing-masing dari sektor putra dan putri akan kembali adu kekuatan pada semifinal pada 11-20 Maret. Setelah itu berlanjut ke puncak kompetisi yang akan berlangsung pada 26-27 Maret 2022.

Pada musim 2020 kompetisi Proliga sempat berjalan, tetapi harus berhenti di tengah jalan karena diusik pandemi. Di tahun kemarin, ada wacana kompetisi bergulir kembali, tapi ketika itu Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) terpaksa meniadakan ajang ini karena tidak mendapat sponsor.

Berikut jadwal pertandingan pekan pertama putaran I Proliga 2022:

Jumat, 7 Januari 2022

14:00 WIB - Jakarta Elektrik PLN vs Jakarta Popsivo Polwan (Putri)

16:00 WIB - Palembang Bank Sumsel Babel vs Surabaya Bhayangkara Samator (Putra)

Sabtu, 8 Januari 2022

14:00 WIB - Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia vs Jakarta Pertamina Fastron (Putri)

16:00 WIB - Kudus Sukun Badak vs Bogor LavAni (Putra)

Minggu, 9 Januari 2022

11:30 WIB - Jakarta BNI 46 vs Jakarta Pertamina Pertamax (Putra)

14:00 WIB - Bandung BJB Tandamata vs Jakarta Popsivo Polwan

16:00 WIB - Kudus Sukun Badak vs Surabaya Bhayangkara Samator (Putra)

Terkait