Pensiun sebagai Pesepak Bola, Berikut 7 Rekor yang Dibuat Aguero di Lapangan
Sergio Aguero (Instagram @kunaguero)

Bagikan:

JAKARTA - Sergio Aguero resmi mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola pada Rabu, 15 Desember. Keputusan gantung sepatu itu ia ambil sehubungan dengan kondisi kesehatannya.

Sebelum memutuskan meninggalkan si kulit bundar, Aguero mulai dikenal sebagai salah satu pemain papan atas di era akhir 2000-an dan sepanjang 2010-an.

Saat usianya masih belasan, Aguero bahkan telah mencuri perhatian para pecinta sepak bola. Hingga kemudian ia memutuskan bergabung dengan Atletico Madrid, lalu terus bergerak hingga mencapai puncak ketenaran bersama Manchester City.

Aguero kemudian memutuskan bergabung ke Barcelona di awal musim ini dengan status bebas transfer. Namun, masalah jantung yang dialaminya membuat ia mengambil keputusan besar untuk kariernya, yaitu pensiun.

Selama berkarier sebagai pesepak bola, Kun Aguero telah meraih beragam prestasi bersama klub-klub yang ia bela. Bukan hanya itu, ia juga sukses membukukan beberapa rekor untuk dirinya sendiri. Berikut ini, VOI rangkum dari berbagai sumber.

Pertama, Aguero berhasil membuat rekor untuk dirinya sebagai mesin gol terbaik di Manchester City sepanjang masa. Selama membela The Citizens, Aguero menorehkan 260 gol. Jumlah itu jauh lebih banyak ketimbang catatan milik Eric Brook yang ada di posisi kedua dengan 177 gol.

Aguero kemudian punya rekor sebagai pemain asing tersubur di Liga Inggris. Torehan 184 gol miliknya tak bisa disamai striker-striker asing yang pernah berkiprah di Liga Premier.

Masih dari kancah Liga Inggris, Aguero ternyata masih punya rekor lainnya. Ia pernah dinobatkan sebagai pemain keempat tersubur di Liga Inggris, di mana catatan gol yang dibuatnya hanya kalah dari Alan Shearer, Wayne Rooney, dan Andy Cole.

Tapi, catatan itu juga punya pengecualian karena jika dibandingkan dengan ketiga nama tadi Aguero punya durasi bermain yang lebih sedikit. Aguero diketahui bermain selama 10 musim di kompetisi tersebut.

Rekor Aguero selanjutnya adalah mencatatkan gol terbanyak untuk satu tim di Liga Inggris. Di Manchester City, Aguero mencetak 184 gol di mana dengan jumlah itu membuatnya jadi pemain yang punya gol terbanyak untuk satu tim, mengalahkan Thierry Henry dan Alan Shearer, serta untuk sementara mengungguli Harry Kane.

Selanjutnya, Aguero juga menjadi pemain dengan catatan hat-trick terbanyak di Liga Inggris dengan torehan 12 hat-trick. Jumlah itu menaklukkan rekor sebelumnya atas nama Alan Shearer yang membukukan 11 hat-trick.

Bergeser ke Liga Argentina. Catatan bagus juga tak ketinggalan ditorehkan Aguero. Saat debut bersama Independiente, Aguero masih berusia 15 tahun 35 hari. Catatan tersebut memecahkan rekor pemain termuda Liga Argentina yang sebelumnya dipegang oleh Diego Maradona.