Sempat Terpikir untuk Pensiun dari Sepak Bola, Hamka Hamzah Sebut ada Peran Rans Cilegon FC yang Bikin Antusias Lagi
Hamka Hamzah (Ulfa Gusti/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pesepak bola Hamka Hamzah tengah menikmati waktu luang, sebab jelang Liga 1 2022/2023 ia masih belum terikat klub manapun. Di sela jadwal kosong itu, Hamka yang kini tengah fokus berbisnis mengungkap dirinya sempat berpikir untuk pensiun dari dunia sepak bola.

Namun, keinginan untuk menggantung sepatu itu akhirnya hanya menjadi wacana di kepala. Semangatnya untuk kembali tampil di lapangan tak lepas dari peran Rans Cilegon FC milik selebritas Raffi Ahmad.

Hamka membeberkan, saat dirinya tengah dalam situasi bingung menentukan karier, Raffi Ahmad menghubunginya dan menawarkan untuk bergabung dengan Rans FC. Ajakan inilah yang membuat Hamka kembali antusias tampil di lapangan.

“Kemarin ingin pensiun sepak bola, tapi Aa Raffi Ahmad mengajak (ke Rans), momen itu yang membuat saya jadi antusias lagi (tampil di lapangan),” ujar Hamka membagikan pengalamannya saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Senin 30 Mei.

Eks pemain timnas era 2014 ini juga mengatakan bahwa kesempatan yang datang kepadanya juga membuahkan hasil manis. Sebab, setelah menerima tawaran untuk bergabung dengan Rans FC, Hamka juga bisa membuktikan bahwa performnya masih bisa diandalkan untuk kemajuan klub yang dibelanya.

“Saat main juga saya terus jadi semangat, apalagi saat bisa membawa lolos Rans FC ke Liga 1. Itu jadi semakin memunculkan motivasi saya, jadi (niatan) untuk pensiun belum ada lagi sekarang,” lanjut Hamka.

Soal momen di mana Hamka berniat gantung sepatu, hal itu didorong  keadaan yang dianggapnya sangat membingungkan. Sebab, ketika itu pandemi COVID-19 tengah melanda Indonesia yang juga membuat hampir semua sektor kehidupan menurun drastis.

“Kecuali pas awal COVID-19, kita pemain bola harus menunggu beberapa tahun dulu untuk bisa main lagi. Jadi situasi itu buat motivasi saya sempat turun. Tapi kalau sekarang masih tetap main,” tambah Hamka.

Kendati Rans FC punya peran dalam memutus niatnya untuk pensiun, sayangnya kebersamaan Hamka Hamzah dan klub Raffi Ahmad itu tak berlangsung lama. Sebab setelah mengantarkan Rans FC promosi ke Liga 1 untuk musim 2022/2023, Hamka memutuskan pamit pada 7 Februari lalu.