Pahlawan Man City, Sergio Aguero Masuk Jajaran Hall of Fame Liga Premier Bersama 5 Legenda Lainnya
Sergio Aguero (Instagram @kunaguero)

Bagikan:

JAKARTA – Liga Premier Inggris melantik enam legenda sepak bola masuk ke jajaran Hall of Fame. Sekarang total 16 mantan pesepak bola kompetisi tersebut menerima penghargaan serupa.

Hall of Fame ini diadakan sejak 2021 lalu. Penghargaan ini bertujuan untuk mengakui pemain-pemain terbaik yang pernah menghiasi kasta tertinggi Inggris era Liga Premier sejak dimulai pada tahun 1992.

Enam pemain terbaru yang masuk jajaran Hall of Fame Liga Premier salah satunya adalah Sergio Aguero. Kemudian ada Paul Scholes, Didier Drogba, Vincent Kompany, Ian Wright, dan Peter Schmeichel.

Aguero adalah pemain asing di Inggris dengan torehan gol terbanyak dalam sejarah kompetisi. Eks pemain Atletico Madrid itu mencetak 184 gol hanya dalam 275 penampilan selama periode 10 tahun di mana ia memenangi lima gelar liga.

Mantan pemain internasional Argentina berusia 33 tahun, yang pensiun dari sepak bola profesional karena penyakit jantung pada awal musim ini, juga merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa City dengan 260 gol dalam 390 penampilan lintas kompetisi.

Aguero dikenang karena membantu City meraih kemenangan dramatisnya pada menit akhir melawan Queen Park Rangers di Etihad pada pekan terakhir musim 2011/2012. Kemenangan itu memastikan City meraih gelar Premier Liga pertama dalam sejarah mereka.

Sementara itu, Scholes masuk jajaran Hall of Fame karena memenangi 11 gelar Premier Inggris bersama Manchester United. Selama berseragam Setan Merah, Scholes tercatat membuat 107 gol dalam 499 penampilan.

Kemudian Kompany juga dianggap layak berada di daftar karena kontribusinya membantu Manchester City menjadi kekuatan dominan di Liga Champions Eropa. Lalu Drogba dianggap pantas lantaran menjuarai liga empat kali bersama Chelsea.

Berikutnya Wright dianugerahi Hall of Fame karena mencetak 113 gol di Liga Premier. Adapun Schmeichel menjadi kiper pertama yang dinobatkan menerima penghormatan tersebut.