Serbu Instagram Piala AFF Buntut Elkan Baggott Wajib Karantina, Netizen: Ini Nggak Adil, Ada Kecurangan
Elkan Baggott (Instagram @elkanbaggott)

Bagikan:

JAKARTA - Akun Instagram Piala AFF ramai diserbu protes netizen Indonesia. Hal ini menyusul keputusan karantina yang ditujukan kepada Elkan Baggott menjelang laga timnas kontra Vietnam.

Baggott diwajibkan menjalani karantina satu hari menjelang skuat Garuda melawan Vietnam dalam lanjutan Grup B Piala AFF 2020. Bek keturunan Inggris itu kedapatan satu pesawat dengan orang yang positif COVID-19 dalam perjalanan dari London ke Singapura.

Keputusan karantina yang ditujukan untuk Baggott itu dirasa tak masuk akal. Sebab, semenjak tiba di Singapura sang bek sudah sempat ikut membela timnas di laga kontra Laos.

Keputusan ini jelas memancing emosi pendukung timnas yang merasa laga kontra Vietnam adalah laga penuh gengsi. Sebagai bentuk kekecewaan, ribuan netizen Indonesia menyampaikan protes lewat kolom komentar akun Instagram Piala AFF 2020.

Dari pantauan VOI, Rabu, 15 Desember, di kolom komentar terlihat sebagian besar netizen menganggap panitia Piala AFF tidak adil terhadap timnas Indonesia. Tagar #SaveElkan dan #AFFUNFAIR kemudian menggema di unggahan kolom Instagram Piala AFF yang menunjukkan jadwal Indonesia vs Vietnam.

Tak hanya itu, netizen juga mempertanyakan langkah pihak AFF yang justru mengizinkan penyerang Malaysia, Safawi Rashid tetap bermain meski ia diketahui satu kamar dengan Akhyar Rashid yang positif COVID-19.

"#saveelkan maaf sebelumnya terlihat perbedaan perlakuan antara pemain Indonesia dan Malaysia. Kenapa Safawi Rashid bisa tetap bermain padahal ia satu ruangan dengan Akhyar Rashid yang positif covid-19. Sementara Elkan Baggott harus dikarantina hingga 18 Desember hanya karena satu penerbangan dengan pasien Covid-19. Padahal Elkan juga sempat bermain lawan Laos, tapi kenapa saat melawan Vietnam ia tidak bermain," komen netizen di unggahan akun Piala AFF.

Tangkapan layar protes netizen di Instagram Piala AFF

"Ini nggak adil, ada kecurangan #saveelkan #affunfair," tulis netizen lainnya.

"Takut banget sama negara kesayangan gw sampai-sampai digembosi begini #saveelkan #affunfair," timpal netizen lainnya.