Bagikan:

JAKARTA - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong memastikan Elkan Baggoott tak akan membantu skuat Garuda melakoni laga perdana kontra Kamboja di Piala AFF 2020. Pemain 19 tahun itu juga tak akan masuk dalam susunan pemain.

Shin Tae-yong membeberkan alasan di balik keputusannya tak menyertakan Baggott dalam laga perdana timnas di AFF 2020. Kata sang pelatih, ia sengaja memberikan waktu istirahat untuk Baggott karena kondisinya yang belum ideal untuk bermain pasca melakukan perjalanan udara.

"Elkan Baggott tidak bisa masuk starting line up (Indonesia vs Kamboja)," ucap Shin Tae-Yong saat konferensi pers daring yang dihadiri VOI pada Rabu, 8 Desember.

"Saya akan memberi Elkan Baggott waktu istirahat atau menaruhnya di bangku cadangan," lanjut juru taktik asal Korea Selatan itu menambahkan.

Baggott sendiri merupakan salah satu pemain timnas Indonesia yang berkiprah di luar negeri. Sebelum akhirnya bergabung dengan timnas, ia sempat ikut pemusatan latihan di Turki.

Selama berada di Turki, Baggott juga terbilang jadi pemain yang diandalkan dalam tim. Terbukti saat laga uji coba kontra Afghanistan, ia membantu tim tampil menghalau serangan lawan.

Di laga itu, Baggott terpaksa keluar lapangan pada menit ke-68 karena mengalami masalah di kepalanya. Setelah Baggott ditarik ke keluar, pertahanan timnas mulai terasa goyah dan justru kebobolan oleh Afghanistan.

Sayangnya, kebersamaan Baggott dengan timnas saat pemusatan latihan tak berlangsung lama karena ia harus kembali ke klubnya, Ipswich Town di Inggris untuk melanjutkan kompetisi. Baggott juga baru bergabung dengan timnas hari ini atau sehari sebelum laga perdana.

Waktu yang pendek dengan perjalanan panjang itu membuat sang pemain kelelahan. Karena itulah Shin Tae-yong memilih tak memaksakannya masuk tim inti.