Jelang Timnas Tampil di Piala AFF 2020, Shin Tae-Yong: Berpikir sebagai Calon Juara
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-Yong/via Twitter PSSI

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-Yong terus melakukan persiapan matang jelang penampilan tim di Piala AFF 2020 yang sebentar lagi bergulir. Kendati sudah melakukan persiapan, sang pelatih mengaku tak menjamin timnya dapat menjuarai kompetisi. 

Disisi lain ada hal positif yang ditanamkan Shin Tae-Yong pada anak asuknya. Meski tak memberi jaminan akan juara, tapi dia meminta pada semua pemain untuk berpikir mereka adalah calon juara demi memacu semangat bertanding.

"Pastinya tidak bisa dipastikan (jadi juara). Tetapi setiap pertandingan kami akan bekerja keras dengan berpikir kami itu sebagai calon juara," ujar Shin Tae-yong, saat konferensi pers virtual Grup B Piala AFF 2020, Sabtu, 4 Desember.

Soal perkataan Shin Tae-Yong yang tak bisa menjanjikan gelar juara, hal itu berkaitan dengan target tinggi yang dipasang PSSI. Sebab, sejaun ini Indonesia belum sekalipun membawa pulang trofi kompetisi sepak bola gergengsi se Asia Tenggara itu.

Shin-Tae Yong mengatakan memang penting untuk menaruh target juara, tapi ia tak mau terlalu melambungkan harapan. Untuk itu, ia akan berusaha keras memaksimalkan performa tim semoga target juara itu benar terwujud.

"Memang penting juga untuk target juara, tetapi setiap pertandingan kami bekerja keras pasti akan meningkatkan performa. Jadi mungkin bisa mendapatkan juara juga," ucap Shin Tae-yong.

Piala AFF 2020 sendiri dijadwalkan mulai bergulir pada 5 Desember mendatang di Singapura. Indonesia tergabung dalam Grup B bersama Malaysia, Kamboja, Laos dan Vietnam.

Meski sudah dimulai pada tanggal 5, tetapi Indonesia baru akan memulai laga perdana pada 9 Desember. Di laga perdana nanti Skuad Garuda akan melawan Kamboja di Bishan Stadium, Singapura.