Jadi Korban Ketiga Mathias/Alexandra di Indonesia Open, Hafiz/Gloria Akui Bermain Kurang Sabar
Hafiz/Gloria (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja menjadi pasangan ketiga skuat Merah Putih yang dikandaskan Mathias Christiansen/Alexandra Boje dalam turnamen Indonesia Open di Bali, Jumat.

Pada pertemuan yang berlangsung dalam babak perempat final, Hafiz/Gloria bejuang ketat menghadapi ganda campuran asal Denmark itu namun akhirnya menyerah dengan rubber game 21-14, 11-21, 18-21.

"Permainan kami kurang sabar dalam menghadapi mereka, tidak bisa tahan dan maunya buru-buru membalikan serangan. Dari pertahanan juga belum matang, dan karena terburu-buru itu jadinya mati sendiri," kata Gloria melansir Antara.

Hafiz/Gloria sukses menciptakan keunggulan pada gim pertama dengan permainan yang meyakinkan, namun pada gim kedua Mathias/Alexandra berbalik mengambil inisiatif serangan dengan lebih sabar.

Pada gim ketiga, pasangan unggulan keenam juga sempat tertinggal 0-4 namun bisa mengejar dan berbalik unggul dari Mathias/Alexandra.

Ganda campuran ini berbalik unggul setelah memanfaatkan pengembalian Hafiz dan Gloria yang banyak mengangkat bola sehingga dibalas dengan smes dan dropshot. Meski begitu Gloria yang tampil di depan net juga menunjukkan permainan memukau.

Sejak awal pertandingan, Gloria sedikitnya menciptakan enam poin lewat dropshot yang dilepaskan dari depan net dan sulit dikembalikan oleh Mathias/Alexandra.

"Baru pertama kali ketemu mereka, tapi sebetulnya sudah menemukan kunci permainan. Tapi karena sudah tidak tahan malah ga bisa kontrol bola-bola tanggung. Lebih ke faktor sabar dan jaga konsistensi," ujar Gloria yang kemudian menangisi kekalahannya.

Selain faktor kesabaran, aspek tenaga juga menjadi sorotan Hafiz yang dalam pertandingan sepanjang 64 menit itu banyak melancarkan smes dari ujung lapangan.

Aksinya jelas menguras energi dan membuatnya lemah jika dipaksa menangkis bola yang lepas dari jangkauan Gloria. Oleh karena itu ke depan dia ingin membenahi tenaganya agar bisa lebih tahan dalam permainan berdurasi panjang.

"Hari ini harusnya kami memang harus lebih kuat dari biasanya. Awal gim ketiga sempat tertinggal, tapi bisa menyusul karena komunikasi dan main terus saja," jelas Hafiz.

Dalam turnamen BWF Super 1000 ini, jalan Mathias/Alexandra menuju semifinal didapatkan dengan menyingkirkan wakil Indonesia.

Pada babak pertama mereka mengalahkan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, lalu mendepak Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dalam babak kedua, dan terakhir Hafiz/Gloria pada perempat final hari ini.