Marc Marquez Absen, Honda Akui Motor Mereka Jauh dari Kata Siap untuk MotoGP 2022
Marc Marquez (Twitter @HRC_MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Marc Marquez sudah dipastikan absen dalam jangka waktu cukup panjang karena cedera. Absennya sang pebalap ternyata berdampak terhadap persiapan Honda dalam menghadapi MotoGP 2022.

Dikutip dari situs resmi MotoGP, Honda mengaku cukup kesulitan meracik pengaturan yang pas untuk motor mereka. Tanpa adanya Marquez di lintasan, menyiapkan komposisi yang pas untuk motor di musim depan terasa berat.

Bos Honda, Alberto Puig bahkan mengatakan motor mereka saat ini jauh dari kata siap untuk turun di MotoGP musim depan.

“Situasi terasa rumit karena kami tidak bersama dengan pebalap kami. Marc tidak ada di sini, kami mendapatkan seperti ada sesuatu yang kurang,” kata Puig.

“Ini (absennya Marquez) tidak mudah untuk dijawab, karena terkadang kita tidak tahu. Setelah Anda melakukan tes, para insinyur harus mengumpulkan semua info dan tentu saja memutuskan arah atau apa yang harus dilakukan (untuk performa terbaik pebalap),” lanjutnya.

Kendati absennya Marquez terasa begitu berpengaruh pada persiapan, tapi Puig menjelaskan bahwa proses pengembangan motor tak menemukan banyak kendala.

“Ketika motor diuji oleh pebalap yang berbeda dan masing-masing memberi tahu Anda hal yang berbeda, itu sangat rumit, tapi untungnya pendapat pebalap kami sangat mirip dan ini sangat penting," pungkasnya.

Marquez dipastikan absen cukup lama karena cedera. Dalam proses penyembuhannya diketahui ia mengalami diplopia.