<i>Wow!</i> Kekayaan Bersih Cristiano Ronaldo Tahun 2021 Lampaui Angka Rp14,3 Triliun
Cristiano Ronaldo (Instagram @cristiano)

Bagikan:

JAKARTA - Pendapatan Cristiano Ronaldo pada tahun 2021 melampaui angka 1 miliar dolar AS (Rp14,3 triliun). Pada bulan Oktober saja, superstar Portugal itu memiliki kekayaan bersih 500 juta dolar AS (Rp7,1 triliun)

Pemain, yang memulai karier profesionalnya pada usia 17 untuk Sporting Lisbon pada tahun 2003, telah menikmati karier yang sukses di Real Madrid, Juventus dan Manchester United. Juga bersama timnas Portugal yang dia kapteni.

Dan sejak pindah kembali ke Man Utd pada musim panas, pemain berusia 36 tahun itu dilaporkan memiliki kontrak 643.668 dolar AS per pekan. Ini membuat pendapatan tahunannya mencapai 33,5 juta dolar AS, menurut laporan media Inggris, Mirror.

Lima trofi Ballon d'Or dan sederet prstasi yang diraih Ronaldo telah membantu meningkatkan nilai jualnya. Hal ini memberinya keuntungan dalam menghasilkan uang ekstra di luar sepak bola karena banyak brand menginginkannya sebagai wajah produk mereka.

Tak cuma itu. Memiliki 95,4 juta pengikut di Twitter dan 366 juta pengikut di Instagram tidak diragukan lagi meningkatkan peluang iklannya.

Di masa lalu, kapten tim nasional Portugal ini menjadi brand ambassador produk Altice, Herbalife, DAZN, MTG, Clear Shampoo, Abbott dan Unilever. Tentu saja ini meningkatkan pendapatan tahunannya dengan tambahan 45 juta dolar AS.

Ronaldo juga brand ambasador untuk perusahaan teknologi Jepang 'SIXPAD', yang bernilai 2,4 miliar dolar AS, dan aplikasi populer LiveScore.

Dengan fisik atletisnya yang mengesankan, bahkan saat ia mendekati tahap akhir kariernya, serta penampilannya yang menarik, ia mampu menandatangani kontrak dengan merek-merek ini untuk memasarkan dirinya lebih jauh dan mendominasi pasar di luar sepak bola.

Jauh dari sponsor dan kontrak komersial, Ronaldo juga proaktif dalam membangun bisnisnya sendiri untuk menghasilkan lebih banyak uang masuk.

Dia telah mendirikan kerajaan hotelnya - yang dijalankan oleh grup Pestana CR7 - di Funchal, Lisbon dan kota-kota lain yang akan segera hadir di seluruh dunia.

Pada tahun 2019, ia terus memperluas portofolio bisnisnya dengan pembukaan klinik transplantasi rambut di Marbella, menyusul klinik yang telah didirikan di Madrid dan 10 lagi di Portugal, menghasilkan tambahan 114 juta dolar AS per tahun.

Terkait