Sempat Muncul Kabar Klub Tak Izinkan Egy dan Elkan Perkuat Tim Garuda, Shin Tae-yong: Dapat Informasi dari Mana?
Sesi latihan terakhir timnas sebelum ke Turki (Foto: Ulfa Gusti/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong memastikan Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri masuk ke dalam skuat asuhannya untuk Piala AFF 2020. Sempat beredar kabar, dua pemain itu tidak dapat izin dari klub.

"Saya juga bingung dapat informasi (tidak dilepas klub) dari mana," ucap Shin Tae-yong setelah sesi latihan di Lapangan B, Senayan, Jakarta, Selasa malam.

Sebelumnya muncul kabar bahwa FK Senica tidak mengizinkan Egy untuk bergabung dengan timnas di Piala AFF 2020. Klub Elkan asal Inggris, Ipswich Town, juga tidak akan melepas pemainnya.

Kedua klub tersebut hanya akan mengizinkan pemainnya untuk membela timnas Indonesia pada pertandingan FIFA match day.

Piala AFF sebenarnya sudah diakui FIFA sebagai turnamen berkategori A sejak 2016. Tim-tim yang berpartisipasi di sana akan mendapatkan poin dalam peringkat FIFA jika mendulang kemenangan. Hanya, memang tidak dilangsungkan pada FIFA match day.

Dengan alasan itu, sejatinya setiap klub dibolehkan untuk melarang para pemainnya membela tim nasionalnya masing-masing.

Sebelum tampil di Piala AFF 2020, timnas dijadwalkan melakoni dua laga uji coba di Turki, melawan Afghanistan dan Myanmar. Laga kontra Afghanistan berlangsung 16 November dengan status FIFA match day. Sementara laga kontra Myanmar tidak masuk ke dalam agenda FIFA match day.

Kabarnya Egy dan Elkan akan kembali ke klubnya masing-masing selepas pertandingan kontra Afghanistan. Setelah itu, mendekati Piala AFF 2020, keduanya kembali ke timnas Indonesia untuk berlaga di ajang bergengsi se-Asia Tenggara tersebut.