Bagikan:

JAKARTA - Mohammed Kamga, atau Kamga Mo tiba-tiba ramai diperbincangkan di berbagai platform media sosial. Banyak orang baru sadar jika dirinya kini menjadi salah satu backing vocal Maliq & D'Essentials.

Salah satu cuitan yang ramai di X memantik pembicaraan soal Kamga. "Kalo liat maliq sekrang suka Sedih, liat backing vocalnya tangga soalnya :(," tulis akun @idlasupaldi 4 Oktober kemarin.

Padahal penyanyi keturunan Kamerun ini sudah cukup lama jadi anggota manggung grup musik asal Jakarta tersebut. Dan benar saja, wajah familiar itu memang mantan vokalis Tangga.

Kamga mulai dikenal lewat grup vokalnya tersebut di awal 2000an. Ia memiliki karakter vokal yang khas, dengan pengaruh musik RnB yang kental.

Usai era Tangga, Kamga sempat menggagas project musik Dekat bersama Tata dan Chevrina. Ia juga punya duo baru yang dibentuk dengan Chevrina, kekasihnya, dengan nama Hondo.

Kiprahnya sebagai performer kini lebih aktif bersama beberapa grup musik, termasuk Maliq & D'Essentials. Apalagi band pelantun Begini Begitu tersebut akan menggelar tur untuk album baru mereka, Can Machines Fall In Love? di Indonesia dan Malaysia.

Di sisi lain, Kamga banyak terlibat di proses rekaman para penyanyi. Perannya di balik layar adalah sebagai vocal director, dengan sejumlah penyanyi yang sudah bekerja sama dengannya, seperti Naura, Teddy Adhitya hingga Hindia.

Di beberapa kesempatan, Kamga sempat mengungkap jika era Tangga menyimpan kegelisahan, karena ia tak bisa bebas mengekspresikan musikalitas. Kini ia berani menempuh jalur lain yang mungkin bagi sebagian orang dipandang sebelah mata, tapi ia jadi musisi yang merdeka, baik sebagai backing vocal maupun vocal director.