Bagikan:

JAKARTA - Mohammed Kamga dikenal sebagai salah satu personel dari Tangga, grup vokal yang debut di tahun 2005.

Namun, saat ini Kamga lebih sering terdengar namanya sebagai vocal director atau pengarah vokal. Beberapa nama penyanyi muda pernah ditangani, antara lain Hindia, Nadhif Basalamah, Fatin, hingga Waode.

Sebagai orang yang paham betul apa yang dihadapi seorang penyanyi di studio rekaman, Waode menilai posisi Kamga sebagai pengarah vokal sangat membantu.

“Mungkin karena Kak Kamga seorang penyanyi juga ya, jadi dia tahu apa yang penyanyi rasakan, dan bagaimana harus kasih masukan,” kata Waode saat dihubungi VOI baru-baru ini.

Waode yang baru saja merilis single berjudul Bisa Tanpamu, mengaku senang bekerja sama dengan Kamga. Padahal, keduanya baru pertama kali bertemu.

“Wah, seru banget. Dan itu aku pertama kali ketemu sama Kak Kamga, tapi aku sudah tahu sebelumnya Kak Kamga itu salah satu penyanyi di Tangga. Dan aku juga sangat mengagumi Kak Kamga,” tutur Waode.

“Jadi, pas rekaman itu aku benar-benar banyak banget dapat masukan dari Kak Kamga, terkait improvisasi dan terkait rasa yang harus dibangun untuk lagu itu,” sambungnya.

“Dan secara keseluruhan seru bangat. Pertama kali ketemu Kak Kamga dan langsung kerja bareng itu seru banget. Jadinya proses rekamannya itu nggak makan waktu lama. Dan kita happy juga saat rekaman itu.”

Waode menyebut Kamga sebagai sosok profesional yang tahu menempatkan diri. Eks anggota Tangga itu tahu kapan waktunya bercanda dan serius.

“Kita ngobrolnya bercanda terus, suka sahut-sahutan, dan seru deh. Tapi kalau udah masuk ke lagu sih kita benar-benar fokus,” kata Waode.

“Suka banget sama cara kerjanya Kak Kamga. Perlakuan dia itu benar-benar bagus banget sih untuk penyanyi.”