Bagikan:

JAKARTA - Single terbaru Hindia yang berjudul “right where you left me” merupakan karya kolaborasi dengan solois Korea Selatan, Jae Park alias eaJ, yang dirilis pada 5 Juli lalu.

Butuh proses panjang hingga “right where you left me” akhirnya dirilis. Diskusi selama beberapa bulan untuk menentukan lagu yang tepat. Kemudian Hindia merekam beberapa versi aransemen untuk dipilih bersama.

Saat merekam beberapa versi, Hindia tidak bekerja sendirian. Penyanyi dengan nama asli Baskara Putra itu menyebut ada peran Kamga yang membantunya mengaransemen vokal.

“Cuman di sini, pas gue ngerekam dibantu sama Kamga. Vocal director gue itu Kamga,” ungkap Hindia di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 17 Juli.

Bukan tanpa alasan, Hindia merasa nyaman ketika rekaman dibantu Kamga sebagai pengarah vokal. Dia mengaku banyak belajar dari personel grup musik Tangga itu.

“Dia yang selalu bantuin gue. Dan yang ngajarin vokal, mostly (kebanyakan) Kamga,” kata Hindia.

Terkait kolaborasinya dengan eaJ, Hindia mengaku bangga. Tanpa pikir panjang, ia langsung menerima tawaran dari penyanyi jebolan ajang K-pop Star itu.

Hindia mengakui banyak karya eaJ yang ia kagumi. Namun, alasannya ingin berkolaborasi karena melihat penyanyi 31 tahun itu menampilkan kesan yang baik.

“Awalnya dia nawarin gitu, abis itu gua udah, ayo, gua mau. Karena orangnya enak. Dan sering kali itu jadi motivasi gue kerja sama, karena orangnya seru, orangnya lucu atau baik. Kadang nggak ada hubungannya sama musik,” pungkas Hindia.