Bagikan:

JAKARTA - Jae Park, yang memperkenalkan diri sebagai eaJ, hari ini merilis lagu kolaborasinya dengan musisi Indonesia, Hindia. Mereka menyatukan ide dan kreasi dalam sebuah lagu berjudul “right where you left me” yang sekarang sudah dapat didengarkan di semua platform streaming musik.

Kerja sama ini bermula saat eaJ, yang sebelumnya sudah menyukai karya-karya Hindia, menghubungi Hindia lewat DM untuk mengajaknya berkolaborasi. Dari percakapan itu, lahirlah lagu upbeat bernuansa pop-rock dengan sentuhan khas Hindia bersatu padu dengan melodi-melodi serba catchy dari eaJ.

Nuansa upbeat dan rock dari “right where you left me” terbilang kontras dengan makna di balik lirik-lirik di lagu ini.

“Lagu ini ditulis dari perspektif seseorang yang menunggu orang tercintanya untuk kembali dari sebuah perjalanan self-discovery. Ia sadar bahwa kehidupan ini tidak seperti sebuah film, dan banyak hal di sekitar kita yang selalu berubah-ubah,” ujar eaJ dalam siaran pers yang diterima VOI, Jumat, 5 Juli.

eaJ dan Hindia rilis single kolaborasi (Dok. Ist)
eaJ dan Hindia rilis single kolaborasi (Dok. Ist)

“Orang di lagu ini berbesar hati untuk mencoba mengerti dan membantu orang tercintanya, hingga ia mengorbankan semua perasaannya untuk mendorong orang tercintanya itu mengeksplor sejauh mungkin, dengan harapan bahwa orang itu akan kembali di titik di mana ia meninggalkannya,” tambah eaJ.

Di sisi lain, Hindia juga tak menyangka datangnya kolaborasi ini. Ia pun mengagumi eaJ yang menurutnya punya banyak ide untuk dieksplor lebih jauh.

“Aku mendapatkan banyak notifikasi di media sosial dari banyak orang yang mengatakan bahwa eaJ menemukan musikku saat ia sedang melakukan livestream dan ternyata ia menyukainya. Ia kemudian menghubungiku lewat DM untuk mengajakku berkolaborasi. Kami pun mulai bertukar lagu dan kami memutuskan untuk mengerjakan lagu ini. Jae adalah seseorang yang sangat baik hati, apresiatif, dan sangat terbuka akan banyak ide. Jae menjawab pesan-pesan singkatku dengan cepat, sepertinya ia tidak tidur sama sekali,” katanya.

Musisi bernama Baskara Putra ini juga membahas tentang makna dari lagu ini baginya.

“Aku rasa kami memiliki interpretasi kami masing-masing tentang lagu ini. Bagiku lagu ini adalah sebuah perbincangan dengan sebuah versi diri kita yang terkunci dari keseharian kita. Ternyata hal itu sesuai saat aku akhirnya melihat video lagu ini,”

Selain itu, berkat kolaborasi ini, eaJ dan Hindia hari ini terpilih menjadi cover dari playlist New Music Friday Indonesia di Spotify pekan ini.

Single “right where you left me” dirilis setelah kesuksesan dua single terakhir eaJ yang ia rilis tahun ini, yaitu “friendly fire” yang membahas tentang suka duka sebuah hubungan, dan “mad” dengan kisah pengkhianatan yang dimuatnya. Dua single tersebut telah sukses mengumpulkan lebih dari 3.4 juta stream secara global hingga saat ini.

Tahun 2024 akan menjadi tahun yang penting dalam perjalanan karier eaJ. Agustus mendatang eaJ akan menjadi musisi pembuka untuk tur Imagine Dragons. eaJ juga akan menggelar tur Asia pada September mendatang yang akan mengunjungi Jakarta, Manila, Bangkok, Kuala Lumpur, dan Singapura. Bertajuk ‘when the rain stopped following me’, tur tersebut akan digelar di Jakarta pada 4 September 2024 di Bengkel Space, SCBD.