Bagikan:

JAKARTA - Single berjudul Jangan Tersesat Sayang menjadi persembahan Fatin di penghujung tahun 2023.

Lewat lagi ini, penyanyi jebolan X Factor Indonesia itu kembali menjadi penulis lagu.

Dia dibantu duo BIANCADIMAS, Bianca Nelwan dan Dimas Wibisana.

Lewat Jangan Tersesat Sayang, Fatin merangkum perjalanan karier musiknya yang sudah berjalan lebih dari sepuluh tahun, sejak mengikuti X Factor Indonesia pada tahun 2012 silam, yang kemudian dilanjutkan perilisan album perdana bertajuk For You pada November 2013.

Dalam lirik lagunya kali ini, Fatin menyisipkan beberapa karya yang pernah dirilisnya sebagai penyanyi, antara lain Dia Dia Dia (2013) dan Jingga (2018).

"Tidak terasa bahwa perjalananku dalam berkarya sudah menembus satu dekade," kata Fatin dalam keterangannya, Minggu, 24 Desember.

"Itulah mengapa sepanjang penggarapan lagu terbaruku ini, aku punya keinginan untuk memberikan semacam rekognisi untuk semua hal yang telah aku ciptakan,” lanjutnya.

Serupa dengan lagu terbarunya, Jingga dan Dia Dia Dia adalah lagu-lagu spesial bagi Fatin. Dia meyakini perjalanan bermusik selama satu dekade masih akan terus berlanjut dalam waktu yang lama.

“Meskipun aku sudah berkarier satu dekade lamanya, aku juga menyadari bahwa perjalananku masih sangatlah panjang,” katanya.

Jangan Tersesat Sayang jika didengar sepintas seperti ungkapan harapan bagi kekasih yang terpisah jarak. Namun, Fatin ingin menunjukkan lagu ini lebih luas dan dalam lagi, tidak terbatas pada cerita sepasang kekasih.

"Hidup telah mengajarkan aku bahwa ada kalanya segala macam kesibukan dan kepenatan yang kita hadapi di dunia malah membuat hati dan jiwa kita terasa 'jauh' dari diri kita sendiri," ucap Fatin.

"Selalu ada momen ketika kita mulai lupa akan tujuan hidup kita dan apa yang sesungguhnya penting dalam hidup kita. Di mata aku, lagu ini menjadi pengingat hangat bagi diriku sendiri dan semua orang yang mendengarkan, bahwa apapun itu perjalanan hidup kita, jangan sampai kepenatan dan rasa lelah membuat kita jadi kehilangan arah,” sambungnya.

Adapun, Fatin dibantu Kamga Mo sebagai vocal director. Eks personel Tangga itu menyebut Fatin dan lagu barunya punya keunikan tersendiri.

"Aku selalu mengagumi vokal Fatin, dan aku excited melihat dia menjajaki karya seunik Jangan Tersesat Sayang ini. Dia punya tekstur vokal yang tidak dimiliki siapa-siapa. Dia punya tempo vokal yang tidak dimiliki siapa-siapa. Fatin tahu betul bagaimana cara meng-enak-kan sebuah lagu. Dan, sebagai vocal director, aku tidak punya keluhan sama sekali mengenai performa Fatin,” tandas Kamga Mo.