Bagikan:

JAKARTA - Slank menjadi band besar Indonesia yang dikenal dengan karya yang sarat kritik isu sosial-politik. Tidak jarang, lagu-lagu Bimbim cs mengkritik kebijakan pemerintah serta perilaku para pejabat publik dan orang-orang di sekitarnya.

Namun, pilihan politik mereka sejak tahun 2014, yang dianggap terlalu dekat dengan pemerintah, dirasa beberapa penggemar telah membuat nilai-nilai yang diperjuangkan Slank selama ini telah luntur. Terlebih ketika Abdee (gitar) menduduki jabatan komisaris di salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pada unggahan Instagram baru-baru ini, Slank sepertinya kembali sebagai band yang akan terus menyuarakan kritik terhadap pemerintah dan orang-orang di sekelilingnya. Slankers (penggemar) tampak menikmati kembalinya band yang bermarkas Potlot itu sebagai band yang mewakili keresahan mereka.

Pada unggahan Instagram tersebut, Slank menampilkan penggalan video penampilan dalam Konser Sulteng Emas di Palu pada 29 Agustus lalu. Tampak Kaka (vokal) memimpin band untuk membawakan “Anak Mami”, lagu dari album 999+09 Vol. 2 (1999).

Dalam video tersebut, Slank mengubah lirik dari verse kedua menjadi, “Anak mami berdikari / Pergi pakai pesawat pribadi / Berlindung di balik papi / Tiap hari party.”

Saat melantunkan “pergi pakai pesawat pribadi”, Kaka terlihat tertawa kecil sebelum melanjutkan lagu.

Slank seakan mengkritik Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang belakangan ramai dibicarakan setelah keduanya ketahuan menggunakan jet pribadi dalam perjalanan pulang-pergi ke Amerika Serikat.

Sampai artikel ini ditulis, video tersebut disukai lebih dari 16 ribu kali dan mendapat 534 komentar.

“kembali ke setelan pabrik,” tulis salah satu penggemar di kolom komentar.

Banyak warganet yang menyadari perubahan lirik di lagu “Anak Mami”. Mereka meyakini Slank ingin menyampaikan kritik kepada Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

“Kaya nyeritain kaesang ya mas mas Slank,” tulis salah satu warganet.

“ANAK MAMI PAKE PESAWAT PRIBADI (emoji tertawa),” tulis warganet lain.

“Pas banget bawain ANAK MAMI di era saat ini,” tulis warganet lainnya.