Bagikan:

JAKARTA - Synchronize Fest 2024 telah mengumumkan susunan line up lengkap, dimana 160 penampil akan merayakan kebesaran musik Indonesia selama tiga hari di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat pada 4 hingga 6 Oktober mendatang.

Digelar dengan tema “Together Bersama”, Synchronize Fest tahun ini akan sedikit berbeda, dengan menghadirkan beberapa musisi dari luar negeri.

Penampilan musisi asing itu akan menjadi satu persembahan spesial Synchronize. Pasalnya, mereka yang dihadirkan adalah musisi yang mengangkat narasi identitas musik Indonesia dalam berkarya. Hal ini dilihat sebagai sumbangsih atas pengaruh musik Indonesia dalam komunitas musik global.

“Kami mau ekspresikan secara lebih maksimal tentang ke-Indonesiaan. Kalau orang lihat Synchronize itu festival musik Indonesia. berarti segala musik dengan narasi indonesia,” kata David Tarigan selaku Artist & Repertoire, dalam konferensi pers di Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa, 27 Agustus.

“Kehadiran mereka diharap membawa sudut pandang yang lebih luas tentang musik Indonesia dan bagaimana pengaruhnya pada komunitas musik global,” lanjut David.

Menurut David, penting untuk melihat bagaimana jejak musik Tanah Air yang ada di luar negeri. Dia melihat banyak narasi yang baru dari aksi-aksi musik di luar Indonesia.

Adapun, musisi luar negeri dan diaspora Indonesia yang akan tampil di Synchronize Fest 2024, selama ini dikenal turut merayakan musik Indonesia dan menjadikannya sebagai inspirasi utama.

Mereka berkiprah di berbagai belahan dunia dan dengan caranya masing-masing turut menyemarakkan musik Indonesia.

Beberapa nama yang akan dihadirkan adalah Koes Barat (Amerika Serikat), Nusantara Beat (Belanda), Sheila Majid & Tohpati (Malaysia - Indonesia), AK//47 (diaspora Indonesia di Amerika Serikat - Indonesia), Arrington De Dionyso & Singo Sembrono (Amerika Serikat - Indonesia), Eastern Margins (Asia Tenggara - Inggris), Island Vibes Reggae Party (Jamaika - Indonesia) - Lutan Fyah, CTTZ, Alvons, Richard D'Gilis, S2B Family, Lawa, Kamga, dan Conrad Good Vibration.

Selain itu, akan tampil pula G-Pluck yang merepresentasikan bagaimana musik Barat turut ambil bagian dalam mempengaruhi kultur pop di Indonesia.

“Synchronize Fest tahun ini dengan ‘Together Bersama’ sebagai tema besar menjadi amplifikasi kita semua untuk saling bergandengan tangan dan mendukung ekosistem kreatif di Indonesia, juga masyarakat dunia,” ujar David Karto selaku Direktur Festival Synchronize Fest.

Sebagai informasi, pembelian tiket Synchronize Fest 2024 masih dapat diperoleh dengan mengunjungi website resmi www.synchronizefestival.com