Bagikan:

JAKARTA - Unit fastcore asal Tangerang, Tabraklari baru saja merilis album penuh kedua dengan tajuk “Keluar Tumbuh Liar”. Album ini memuat 21 lagu, yang mana dua di antaranya, “”Andai Ku Jadi PNS” dan “Orang Pikir Aku Gila” lebih dulu diperkenalkan pada Maret lalu.

Dari segi kuantitas, tampaknya Tabraklari tahu betul dengan tren album belakangan ini, di mana nama besar dunia seperti Taylor Swift, Beyonce, dan Post Malone juga menghadirkan lebih dari 20 lagu di album baru mereka.

Adapun, beberapa judul nomor Tabraklari di album terbaru meliputi “Punya Mobil Ga Punya Parkiran”, “Gangster”, “Salah Jalan”, “Andai ku Jadi PNS”, “Pura-Pura Suka Kucing”, “Sungkem”, “Metallika”, “Udah Rapih Kebelet Berak”, “Jangan Hina Kuli”, “Dapat Yang Baik”, hingga “ABRI” yang menjadi focus track.

Band beranggotakan Luthfi Hadi Maulana (vokal), Yoga Ghafara (gitar), Alexunder Bryan (gitar), Odongpejjj (bass), dan Teguh Kurniawan (drum) juga berkolaborasi dengan komunitas fotografi Kelas Pagi untuk menyajikan video lirik.

Adapun narasi dari album Keluar Tumbuh Liar menceritakan perjalanan seorang tokoh fiksi bernama Anton yang tengah menempuh dinamika kehidupan demi mewujudkan mimpi-mimpinya.

“Anton sebagai pemuda Kabupaten Tangerang yang sedang mengerjakan skripsi di semester 14 mempunyai mimpi besar, namun ia kerap dapat batu sandungan baik dari keluarga, tetangga, bahkan sampai ABRI (Abang-Abangan Ribet),” tutur Odong dalam keterangannya, Selasa, 27 Agustus.

“Anton sendiri tidak pernah punya mimpi untuk mengubah setiap hal dalam lingkungannya. Tapi ia selalu percaya apa yang ia jalankan dan keluarkan sampai saat ini adalah pilihan paling tepat untuk hidupnya. Anton saat ini akan selalu Keluar Tumbuh dan Liar”.

Melihat lebih jauh cara Tabraklari dalam menggarap album, kelima personel melakukan jamming untuk menemukan riff-riff yang setelahnya dikembangkan menjadi lagu utuh. Dalam hal ini, Tabraklari dibantu oleh Dennis Ferdinand dari Perunggu sebagai produser.

Setelah diperkenalkan dalam format digital dan video lirik, Tabraklari merencanakan beberapa rangkaian untuk album keduanya, mulai dari rilisan fisik, tur, hingga pameran.