Bagikan:

JAKARTA - Gelaran hari pertama Synchronize Fest 2024 dengan tema “Together Bersama” digelar di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat pada Jumat, 4 Oktober. Sejak sore, ribuan pengunjung silih berganti memasuki area festival.

Di gerbang utama, para pengunjung disuguhkan dengan permainan Gondang Batak, jenis musik tradisional dari Tanah Toba di Sumatera Utara.

Grup dengan nama Orkes Gondang dihadirkan penyelenggara, memperlihatkan bagaimana Synchronize Fest sebagai gelaran musik yang peduli dengan ekosistem musik Indonesia, tanpa terkecuali.

Orkes Gondang yang menyambut di gerbang utama beranggotakan Saut Gultom (sulim), Iwan (taganing), Makwin (ogung), dan Ando Flam (bass elektrik). Penampilan mereka semakin lengkap dengan kehadiran seorang penari tortor perempuan, Aulia.

“Kita sebagai pelestari budaya sangat bangga bisa dilibatkan di sini, kata Iwan.

“Semoga lewat Synchronize Fest ini, budaya semakin dilestarikan lagi. Ini membuktikan kalau budaya kita itu bisa masuk ke mana saja,” lanjut Iwan.

Kehadiran Orkes Gondang cukup menarik perhatian pengunjung. Beberapa dari mereka tampak berhenti untuk menikmati alunan gondang dan mengabadikannya di ponsel.

Beberapa lagu yang dibawakan Orkes Gondang, antara lain “Sinanggar Tullo”, “Anak Medan”, “Biring Manggis”, “Pulau Samosir”, “Ketabo-Ketabo”, dan masih banyak lagi.

Adapun, Synchronize Fest 2024 yang digelar di lahan seluas 2,26 hektar, menghadirkan delapan panggung dan lebih dari 50 line up yang menampilkan musisi-musisi terbaik Tanah Air.

Tiga penampilan spesial hadir di hari pertama, yaitu ERWIN GUTAWA ORCHESTRA: BADAI PASTI BERLALU; BRANG BRENG BRONG: BENYAMIN BIKIN KETRIBUTAN, dan NIKE ARDILLA LIVE BERSAMA.

Selain itu, terdapat beberapa penampil yang juga sayang untuk dilewatkan, mengingat sulitnya untuk merasakan ulang penampilan mereka di gelaran musik yang menawarkan suasana berbeda seperti Synchronize Fest.

Line up lain yang dimaksud adalah TRISUM (Tohpati, Dewa Budjana, dan Balawan); AK//47; TIMNAS JATIWANGI (TALAWENGKAR, Mother Bank, dan LAIR); Bondan Prakoso & Fade2Black; Bebop Collective: Salon R&B, The Kick x The Jeblogs; serta Arrington De Dionyso & Singo Sembrono.

Selain semua nama di atas, tentunya gelaran hari pertama Synchronize Festi 2024 juga menghadirkan nama-nama populer yang belakangan ini meramaikan festival musik besar, seperti Bernadya, Maliq & D’Essentials, Juicy Luicy ft. Adrian Khalif, .Feast, Lyodra, Guyon Waton, FLOAT, Tipe-X, Vierratale, Saykoji, FSTVLST, Nadhif Basalamah, dan masih banyak lagi.