Bagikan:

JAKARTA - Sederet musisi Indonesia menghadirkan gerakan “Peringatan Darurat” dalam pertunjukan mereka. Hal ini memperlihatkan bagaimana keresahan para pelaku musik atas kondisi perpolitikan nasional belakangan ini.

Sejak kemunculannya di media sosial pada Rabu, 21 Agustus yang kemudian viral, “Peringatan Darurat” ditampilkan para musisi dari berbagai latar belakang sampai hari ini.

Penyanyi muda seperti Baskara Putra (Hindia) dan Iqbaal Ramadhan (Baale) menampilkan “Peringatan Darurat” saat mereka tampil dalam gelaran Latihan Pestapora pada Jumat, 23 Agustus kemarin lusa.

Khusus Baskara, pelantun “Rumah ke Rumah” itu adalah salah satu musisi yang meminta para musisi untuk ikut menyiarkan “Peringaratan Darurat” di atas panggung.

"Ingin mengajak kawan-kawan musisi (dan siapapun yang manggung dan bisa melakukan) untuk menggunakan visual Peringatan Darurat saat tampil di panggung hingga 5 hari ke depan (setidaknya sampai 27 Agustus) untuk mengawal putusan MK dan agar tetap ada tekanan dari publik," tulis Baskara Putra lewat X pada Kamis, 22 Agustus.

Musisi lain pun mengikuti ajakan Baskara untuk mengawal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) agar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun ini berjalan sesuai banyak suara masyarakat.

Kunto Aji saat menggelar konser tur Perjalanan Menawar Racun di Jakarta pada Kamis, menampilkan visual lambang Garuda Pancasila berlatar biru dengan keterangan Peringatan Darurat.

Selain itu, Feel Koplo yang manggung di gelaran Porseni Mandiri pada Jumat, 23 Agustus juga ikut menampilkan visual “Peringatan Darurat” pada awal pertunjukan.

Juicy Luicy yang tampil bersama Adrian Khalif di Zap Fest pada Jumat juga menampilkan hal serupa dengan nama-nama di atas.

Gelaran LaLaLa Fest yang digelar akhir pekan ini di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat juga diwarnai dengan kemunculan “Peringatan Darurat” di atas panggung

Dua penampil dalam negeri, Reality Club dan Danilla menghadirkan visual untuk mendukung putusan MK terkait Pilkada 2024.

Band senior GIGI, yang menggelar konser untuk merayakan perjalan bermusik selama 30 tahun juga tidak ketinggalan dari para juniornya.

Dalam konser GIGInfinity yang digelar di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada Sabtu, 24 Agustus malam, GIGI juga menghadirkan visual “Peringatan Darurat” yang diiringi pemutaran lagu “Bagimu Negeri” yang ditulis oleh Kusbini.