Bagikan:

JAKARTA - Intan Ayu Purnama yang dikenal dengan nama panggung Tanayu yang sudah belasan tahun bermusik, mengaku kesulitan untuk mendapat panggung di Indonesia.

Namun penyanyi-penulis lagu 39 tahun itu justru sudah tampil di negara-negara Asia dan Eropa dalam beberapa tahun terakhir.

Intan tidak tahu pasti apa yang menjadi alasan sulitnya meraih pasar dalam negeri. Dia merasa musiknya kemungkinan lebih mudah diterima pangsa pasar luar negeri.

“Aku ngerasa main di Indonesia lebih struggle untuk menarik audience, karena mungkin beda. Tapi setiap aku main di luar, sambutannya tuh beda gitu, kayak beda karakter. Mungkin musiknya lebih cocok atau emang harus ke luar dulu,” kata Intan Ayu saat ditemui di Senayan Park, Jakarta Pusat, Selasa, 6 Agustus.

Intan pernah mendapat nasihat untuk membuat musiknya lebih komersial untuk pasar Indonesia, namun menurutnya cara tersebut juga tidak berjalan baik. Akhirnya, dia memilih untuk membuat karya yang ia senangi.

“Setelah aku sekitar beberapa tahun bikin musik yang komersil menurut aku, dan yang aku lihat ternyata aku udah berusaha bikin komersil pun ya tetap struggling juga,” ujar Intan Ayu.

“Hati tuh nggak sepenuhnya di situ. Akhirnya ya udah aku bikin musik seperti yang aku rasa i belong there, itu adalah aku,” pungkasnya.