Bagikan:

JAKARTA - Di usia 75 tahun, Billy Joel masih aktif di panggung musik. Terbaru, penyanyi-penulis lagu asal New York itu tampil dalam konser residensi di venue ikonik Madison Square Garden.

Meski masih percaya diri untuk tampil di panggung besar, pelantun “Just The Way You Are” itu mengaku punya ketakutan sendiri untuk mengerjakan karya baru. Oleh karenanya, tidak ada lagu baru yang dirilisnya dalam beberapa tahun terakhir.

“Saya tidak bisa sebaik yang saya inginkan,” kata Billy Joel ketika ditanya alasan utama dirinya tidak lagi menulis lagu, saat wawancara dengan CBS Sunday Morning baru-baru ini.

“Itu membuat saya gila. Itu juga menghancurkan kehidupan pribadi saya. Tidak bisa merasa puas, dan minum (minuman keras) menjadi masalah karena itu,” lanjut Joel.

Bicara tentang banyaknya lagu yang sudah ditulis, Joel juga mengakui banyak lagu yang tidak dirilis, dan ia tidak menyesalinya.

“Saya bisa melihat 25 persen dari apa yang saya tulis, dan kemudian membuangnya dan tidak merindukannya sama sekali,” katanya.

Lebih jauh, Joel juga bicara mengenai kehidupan pribadi dan karier musiknya. Meski sudah menjalani karier yang luar biasa, ada sesuatu yang membuatnya belum merasa puas.

“Anda tahu, saya pernah menikah dan bercerai beberapa kali dan saya berkata, 'Kapan saya akan merasa puas dengan diri sendiri?'," ujar Billy Joel.

“Ada kutipan dari Neil Diamond. Dia berkata, 'Saya telah memaafkan diri saya sendiri karena tidak menjadi Beethoven'. Dan saya membaca kutipan itu dan berkata, 'Itu masalah saya’. Aku belum memaafkan diriku sendiri karena bukan Beethoven. Dan sampai hari ini, aku masih belum memaafkan diriku sendiri,” pungkasnya.