Bagikan:

JAKARTA - Difki Khalif kembali menyapa penikmat musik Indonesia dengan single baru berjudul “Lamunan Di Kota Itu”. Lagu ini merupakan rilisan ketiga di tahun 2024, setelah “Lara” dan “Sore Tugu Pancoran” (cover Iwan Fals).

Difki menulis sendiri singlenya kali ini, yang mana bercerita tentang liburan dan keindahan sudut-sudut kota yang mengingatkan dirinya akan sang kekasih yang dirindukan.

Berbeda dari lagu yang pernah dikeluarkan sebelumnya, Difki berdiskusi dengan tim dari label untuk menentukan “Lamunan Di Kota Tua” sebagai judul lagu.

“Penamaan judul ‘Lamunan Di Kota Itu’ tercetus dari gue dan tim Musica dengan mencari keyword yang mudah dicari. Awalnya cuma 'Lamunan', tapi gue pengin ada kata 'Kota' karena nama-nama kota di lagu ini jadi karakter penting,” kata Difki Khalif dalam keterangannya, Rabu, 19 Juni.

Dalam penggarapan lagu, Difki dibantu oleh Ricky Johannes sebagai produser dan Kamga sebagai pengarah vokal.

“Dapat dikatakan, proses kreatifnya cukup panjang. Gue menjalankan workshop di Sentul selama lima hari. Notasi lagu sudah jadi duluan, lalu lirik terbentuk setelahnya,” tutur Difky.

“Gue pengin sebuah cerita yang unik dan berbeda. Akhirnya gue masukin nama-nama kota seperti Jakarta, Bandung, Kuta, Paris, dan Cappadocia,” lanjut sepupu dari Ariel NOAH itu.

Proses penggarapan lagu juga bukan tanpa hambatan. Difki menyebut perubahan aransemen yang dilakukan jadi tantangan tersendiri.

“Awalnya lagu ini dibuat dengan aransemen full band, tapi dengan beberapa pertimbangan gue ubah jadi akustik minimalis. Tantangannya, bagaimana bikin lagu ini tetap energik meski menggunakan aransemen sederhana. Akhirnya, dengan bantuan Kamga, kita memutuskan untuk membuat aransemen akustik namun tetap enak didengar,” pungkas Difki Khalif.