Bagikan:

JAKARTA - Di usianya yang sudah 62 tahun, Iwan Fals mengaku masih rutin melatih vokalnya. Oleh karenanya, tidak mengherankan jika pelantun “Kemesraan” itu masih tampil prima di atas panggung.

Meski sudah berada di industri musik lebih dari 40 tahun, Iwan merasa masih perlu untuk menjaga kemampuan bernyanyinya, mengingat secara profesional dirinya adalah seorang penyanyi.

“Karena saya penyanyi, saya nyanyi aja. Kalau saya pelari ya lari. Seminggu dua kali, ada job nggak ada job saya tetap nyanyi, dari jam sepuluh (pagi) sampai lima sore, sama band, latihan,” ungkap Iwan Fals di Senayan, Jakarta Pusat baru-baru ini.

Kegemarannya dengan karate juga dirasa membantu menjaga kualitas vokalnya, mengingat kesehatan jasmani menjadi faktor penting agar suara tetap prima saat bernyanyi.

Selain itu, Iwan juga merasa banyak faktor lain yang membuatnya masih mampu bernyanyi di panggung besar. Dukungan keluarga dan orang-orang terdekat tidak kalah penting dalam memberi semangat.

Bekerja dengan orang-orang yang jauh lebih muda juga ikut mendorong Iwan menjaga kualitasnya. Dia merasa bersemangat untuk terus bermusik di usianya yang tidak muda lagi.

“Ini kabar baik, jadi harus semangat. Teman-teman saya pengisi acara itu banyak yang muda, termasuk tim produksi. Jadi, itu yang membuat saya semangat,” pungkas Iwan Fals.