Bagikan:

JAKARTA - Striker Manchester City, Erling Haaland, berhasil memenangkan Sepatu Emas Liga Inggris 2023/24. Penyerang asal Norwegia ini mempertahankan gelarnya setelah mencetak 27 gol dalam 31 pertandingan. Namun jumlah ini menurun dibandingkan dengan musim sebelumnya saat ia mencetak 36 gol dari 35 penampilan.

Meskipun penurunan dari performa luar biasa menjadi sekadar superhuman, Haaland masih mampu unggul lima gol dari pesaing terdekatnya, Cole Palmer. Palmer, yang menjalani tahun debutnya bersama Chelsea, mengakhiri musim dengan koleksi 22 gol.

"Tidak buruk," ujar Haaland yang terkenal dengan ekspresinya mengenai penghargaan individu terbarunya setelah pertandingan. "Tidak banyak yang bisa dikatakan, lebih baik hanya bermain sepak bola dan tidak banyak bicara. Biarkan orang lain yang berbicara dan itu lebih baik."

"[Premier League] lebih sulit dari yang saya kira. Setiap pertandingan, caranya setiap pertandingan tidak seperti final tetapi tidak jauh dari itu. Anda datang ke suatu tempat atau bahkan di kandang, Anda tidak bisa santai. Setiap pertandingan begitu intens dan sulit," ungkap mantan striker Borussia Dortmund ini.

Sementara itu, Alexander Isak dari Newcastle United meraih medali perunggu dengan 21 gol, di mana ketiga pemain tersebut menjadi satu-satunya wakil klub 20+ gol musim ini.

Ollie Watkins dari Aston Villa mengakhiri kampanye individunya yang luar biasa dengan torehan 19 gol namun ia mampu membuat 13 assist yang luar biasa untuk melengkapi eksploitasi kemampuan mencetak golnya.

Rekan setim Haaland di City, Phil Foden, juga mencetak 19 gol yang menjadikannya gelandang terproduktif. Ia bahkan  mencetak dua gol pada hari terakhir untuk membantu mengamankan gelar Premier League. Pemilik 19 gol lainnya adalah  Dominic Solanke dari Bournemouth.

Pencetak Gol Terbanyak Premier League 2023/24

Pemain Tim Gol
Erling Haaland Man City 27
Cole Palmer Chelsea 22
Alexander Isak Newcastle 21
Ollie Watkins Aston Villa 19
Phil Foden Man City 19
Dominic Solanke Bournemouth 19
Mohamed Salah Liverpool 18
Son Heung-min Tottenham 17
Jarrod Bowen West Ham 16
Jean-Philippe Mateta Crystal Palace 16