Bagikan:

JAKARTA - Rock & Roll Hall of Fame telah mengumumkan 16 nama yang akan dilantik tahun ini. Mereka akan menjalani pesta pelantikan di Rocket Mortgage Fieldhouse, Cleveland, Amerika Serikat pada 19 Oktober mendatang.

Namun begitu, ada beberapa nama yang harus kecewa karena gagal dilantik tahun ini, seperti Mariah Carey, Oasis, dan Lenny Kravitz. Padahal sebelumnya mereka telah dinominasikan dan sempat berada di posisi atas jajak suara penggemar

Per 14 Maret, Lenny Kravitz berada di posisi keenam dengan raihan 169.534 suara. Musisi 59 tahun itu hanya kalah dari Ozzy Osbourne, Foreigner, Peter Frampton, Dave Matthews Band, dan Cher.

Kemudian, Mariah Carey berada di posisi ketujuh dengan raihan 149.527. Kegagalan sang diva tahun ini cukup mengejutkan. Banyak orang mengunggulkannya, termasuk Ozzy Osbourne.

Selanjutnya, Oasis berada di posisi kesembilan dengan raihan 105.480 suara.

Liam Gallagher bisa jadi yang paling menantikan kegagalan Oasis dilantik Rock & Roll Hall of Fame. Pasalnya, ia sempat melayangkan umpatan di akun X miliknya ketika Oasis masuk dalam nominasi.

Selain tiga nama di atas, nama lain yang gagal dilantik tahun ini adalah Sade, Jane’s Addiction, Erik B. & Rakim, dan mendiang Sinead O’Connor.

Adapun, penerima penghargaan dikelompokkan dalam empat kategori, yaitu Kategori Penampil, Kategori Musical Excellence, Kategori Pengaruh Musik, dan Ahmet Ertegun Award.

Terdapat delapan nama dalam Kategori Penampil, yaitu Ozzy Osbourne, Cher, Mary J. Blige, Dave Matthews Band, Foreigner, Peter Frampton, Kool & The Gang, dan A Tribe Called Quest.

Sementara, untuk Kategori Musical Excellence terdapat empat nama yang akan dilantik, yaitu Jimmy Buffett, MC5, Dionne Warwick, dan Norman Whitfield.

Selanjutnya, tiga orang musisi yang akan dilantik melalui Kategori Pengaruh Musik adalah Alexis Korner, John Mayall, dan Big Mama Thornton.

Untuk kategori khusus penerima Ahmet Ertegun Award, produser musik Suzanne de Passe akan dilantik oleh Rock & Roll Hall of Fame tahun ini.