Bagikan:

JAKARTA - Dinamika dunia hiburan, termasuk industri musik, menuntut para pelakunya untuk memeras energi kreatif mereka. Tak heran jika di satu titik, para musisi mengalami tekanan yang luar biasa.

Penyanyi dan produser, James Blake berharap kesehatan mental para artis dan musisi dapat perhatian serius. Terutama di dunia musik yang ia geluti, seharusnya label besar bisa meyediakan layanan itu.

"Para label seharusnya bisa menyediakan terapis untuk para artisnya. Jangan hanya mengambil keuntungan dari trauma kami tanpa memberi pertolongan apapun," tulisnya di platform X.

Selain major label, James juga berharap agen pertunjukan dan management artis melakukan hal serupa. Menurutnya, mereka termasuk pihak yang mengambil keuntungan dari para musisi.

"Mereka punya kepentingan untuk membuat artis makin sukses, hingga membuatnya terpisah dari support system seperti keluarga/teman dengan melempar musisi ke situasi parasocial dan tur," tambahnya.

Postingan itu mendapat reaksi yang cukup ramai. Ia kemudian menekankan, para musisi ini juga berhak memilih terapis mereka sendiri, label dan agensi hanya perlu memantau serta menyediakan layanan kesehatan mental tersebut.