Musisi Inggris Suarakan #NoSilenceInMusic Melawan Rasisme
Little Mix (Instagram @littlemix)

Bagikan:

JAKARTA - Lebih dari 20 musisi Inggris menyatakan persatuan untuk melawan rasisme dan intoleransi dalam industri musik. Tidak hanya musisi major dan independen, produser dan penulis lirik juga ambil bagian dalam kampanye ini.

Kampanye #NoSilenceInMusic diharapkan menjadi bentuk kepedulian nyata dari para musisi mengenai isu rasisme yang beberapa waktu belakangan meresahkan masyarakat.

Beberapa label rekaman besar seperti Universal Music, Warner Music, dan Sony Music juga ikut menandatangani surat yang dirilis pada Sabtu, 1 Agustus.

“Beberapa bulan melalui serangkaian kejadian, rasisme dan antisemites termasuk mereka yang mengadvokasi islamophobia, xenophobia, homophobia, dan transphobia mendemonstrasikan mereka ingin kami semua gagal.”

Melalui surat terbuka itu, mereka menganggap hal seperti ini ditambah kebrutalan polisi di Amerika serta serangan daring membuat efek negatif seperti kebencian dan kecurigaan. “Kita berada dalam kondisi terburuk jika kita saling menyerang satu dengan yang lain.”

Maka dari itu, segala jenis rasisme harus dihapuskan. Industri musik Inggris dengan bangga menyatukan suara mereka untuk bergabung memberantas hal ini. “Diam bukanlah pilihan.”

Industri musik yang menjadi sebuah hiburan harus disambut dengan cinta dan gembira terlepas mereka memiliki ras atau gender apapun. Rasisme perlu dihapuskan untuk masa depan yang lebih cerah.

Berbagai musisi dan produser serta label rekaman menandatangi surat ini, di antaranya Anne Marie, Bastille, Bondax, Bruno Major, Calum Scott, Clean Bandit, McFly, Ella Eyre, Foxes, HRVY, Little Mix, James Arthur, Jessie Ware, Jonas Blue, Labrinth, Lewis Capaldi, MNEK, Niall Horan, Nile Rodgers, PLACEBO, Rita Ora, The 1975, Two Door Cinema Club, Westlife, dan masih banyak lainnya.

Beberapa waktu lalu, musisi Inggris menyuarakan tagar #LetTheMusicPlay dalam rangka menyelamatkan staf konser dan staf musisi yang kehilangan penghasilan akibat pandemi COVID-19. Para musisi asal Inggris ini menyuarakan kesatuan mereka agar industri musik menjadi aman dan sejahtera bagi pegiatnya. Anda bisa melihat surat pernyataannya di sini.