Bagikan:

JAKARTA - Gitar ikon Dire Straits, Mark Knopflerterjual lebih dari 8 juta poundsterling (setara Rp160 miliar) dalam lelang. Nilai ini jauh lebih tinggi dari perkiraan.

Lebih dari 120 gitar dan ampli milik Knopfler – termasuk Gibson Les Paul 1983 yang digunakan untuk merekam 'Money For Nothing' dan 'Brother In Arms', yang juga dimainkan di konser ikonik Live Aid pada 1985 – terjual.

Melansir NME, Jumat, 25 persen dari hasil penjualan tersebut akan disumbangkan ke berbagai badan amal, termasuk Palang Merah, pembela satwa liar Tusk, dan organisasi nirlaba anak-anak, Brave Hearts of the North East.

Sementara itu, menurut BBC, lelang – yang berlangsung di London di Christie’s pada hari Rabu, 31 Januari – itu diikuti oleh penawar dan pembeli dari 61 negara, dengan total akhir termasuk premi pembeli, dikonfirmasi sebesar 8,840,160 poundsterling.

Musisi ikonik ini mampu mencetak rekor lelang baru dengan Vintage Gibson Les Paul Standard 1959 miliknya yang terjual seharga 693.000 poundsterling, menjadikannya penjualan tertinggi untuk model gitar tersebut.

“Saya sangat senang bahwa instrumen yang sangat dicintai ini akan menemukan pemain baru dan lagu-lagu baru serta mengumpulkan uang untuk amal yang sangat berarti bagi saya,” kata Knopfler tentang lelang tersebut via BBC.

“Sungguh menghangatkan hati menyaksikan betapa berartinya gitar ini bagi banyak orang dan saya juga senang bahwa gitar ini akan terus memberikan kegembiraan kepada banyak orang melalui lagu-lagu yang direkam selama bertahun-tahun bersama saya," dia melanjutkan.

Karya lain yang terjual dalam lelang tersebut antara lain Pensa-Suhr MK-1 1988 yang dimainkan Knopfler pada konser penghormatan ulang tahun ke-70 Nelson Mandela di Stadion Wembley dan Red Schecter Telecaster miliknya, yang dibeli sang musisi pada 1984 untuk merekam lagu hit 'Walk Of Life'.

Sementara itu, Pensa-Suhr MK-1 1988 dijual seharga 504.000 poundsterling dan Red Schecter Telecaster dijual seharga 415.800 poundsterling, beberapa ratus ribu lebih mahal dari perkiraan harga 8.000 dan 6.000 poundsterling.