Roekiah Kembali Diperkenalkan Lewat Pertunjukan Musikal
Louise Monique saat memerankan Roekiah (dok. Galeri Indonesia Kaya)

Bagikan:

JAKARTA - Galeri Indonesia Kaya bekerja sama dengan Louise Monique menyelenggarakan pertunjukan musikal bertajuk Kenang-Kenangan Roekiah di Auditorium Galeri Indonesia Kaya pada Sabtu, 27 Januari.

Digelar sebanyak dua kali, pertunjukan ini menampilkan karya-karya Roekiah, penyanyi dan aktris Indonesia yang terkenal di kalangan masyarakat pada tahun 1930an.

Renitasari Adrian selaku Program Director Galeri Indonesia Kaya mengatakan, pertunjukan ini digelar untuk memperkenalkan pengaruh Roekiah atau Miss Roekiah dalam perkembangan musik dan film Indonesia.

”Pekan ini kami mengajak para penikmat seni untuk mengenang sosok diva Indonesia yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia di era kolonial. Melalui pertunjukan Kenang-Kenangan Roekiah, kami ingin mengingatkan kembali para penikmat seni tentang sejarah dari Miss Roekiah yang merupakan sosok inspiratif dan berjasa bagi perkembangan musik serta perfilman Indonesia,” kata Renitasari Adrian dalam keterangan tertulis.

“Melalui karya-karyanya, Miss Roekiah berhasil menginspirasi banyak perempuan Indonesia dari masa ke masa. Selain menghibur, kami harap pertunjukan di Galeri Indonesia Kaya hari ini dapat mengenalkan dan menambah wawasan para penikmat seni yang didominasi oleh generasi muda,” lanjutnya.

Adapun, Roekiah yang sudah memulai kariernya sejak anak-anak, dikenal sebagai perempuan pertama di Indonesia yang berhasil meraih kesuksesan di dunia musik dan perfilman.

Roekiah memulai pembelajaran seni dan bergabung di Opera Palestina di Batavia, hingga akhirnya bernyanyi bersama orkes Lief Java, sebuah orkes yang terkenal di Batavia pada masa itu, dimana Ismail Marzuki memulai karier bermusiknya.

Dikenal dengan suaranya yang lembut dan penuh penghayatan, Roekiah menjadi bintang panggung yang dicintai masyarakat saat itu. Kemudian, tahun 1937 menjadi awal dari kesuksesannya di dunia film. Nama dan wajahnya semakin dikenal masyarakat berkat meledaknya film Terang Boelan.

Sementara itu, Louise Monique mengaku senang bisa kembali memerankan Roekiah di atas panggung. Ini adalah kesekian kali baginya berperan dan memperkenalkan Roekiah kepada generasi muda.

“Sebuah kehormatan bagi saya diminta langsung untuk mengenalkan kembali lebih dalam lagi sosok Roekiah ke hadapan para penikmat seni. Kembali memerankan sosok Roekiah merupakan sebuah pengalaman yang amat berkesan, karena selain dapat menghibur para penikmat seni, saya dapat menggaungkan kembali nama serta karya penting dari sejarah kesenian Indonesia,” pungkas Louise Monique.