Pemegang Aset Johnny Ramone Gugat Film Biopik Joey Ramone Garapan Netflix
Ramones (Instagram @johnnyramone)

Bagikan:

JAKARTA - Pemegang hak aset Johnny Ramone menggugat Mickey Leigh atas film biopik Joey Ramone mendatang berjudul I Slept With Joey Ramone, yang dibintangi Pete Davidson.

Menurut Billboard, janda Johnny Ramone, Linda, mengajukan gugatan di pengadilan Manhattan pada 21 Januari. Dia mengklaim, Leigh – nama asli Mitchel Hyman – “secara diam-diam mengembangkan film biopik berbasis Ramones yang tidak disetujui dan tidak sah” berdasarkan “pembacaan sisi sejarah Ramones”.

Meskipun gugatan tersebut tidak secara eksplisit menyebut Netflix sebagai tergugat dalam kasus tersebut, perwakilan Linda Ramone menyatakan bahwa film yang dimaksud didasarkan pada memoar Leigh, I Slept With Joey Ramone, yang diumumkan Netflix akan diproduksi pada 2021.

Sementara itu, platform streaming tersebut kemudian menyatakan bahwa film ini mendapat dukungan dari pihak Joey Ramone, gugatan Linda menolak produksinya kecuali jika film tersebut juga mendapat persetujuannya.

Linda dan Leigh keduanya memiliki bagian yang sama dalam kekayaan intelektual Ramones, dan mewakili masing-masing hak aset Johnny dan Joey Ramone.

"Nona Ramone keberatan dengan upaya terdakwa untuk membuat film Ramones tanpa keterlibatannya – bukan karena keras kepala, melainkan didasarkan pada pengabaian terdakwa terhadap aset [Ramones] dan perilaku serta perlakuan mereka terhadap Nona Ramone dan mendiang suaminya,” tulis pengacara Linda seperti dikutip dari NME.

“Membiarkan terdakwa sendiri menceritakan kisah resmi Ramones merupakan ketidakadilan terhadap band dan warisannya,” lanjut sang pengacara.

Laporan Billboard mencatat, gugatan Linda Ramone juga menimbulkan berbagai tuduhan lain yang melibatkan Leigh dan David Frey, yang ditunjuk oleh Leigh untuk mengawasi perusahaan induk Ramones. Pengacaranya mengklaim, keduanya salah mengelola perusahaan dan menahan pembayaran darinya. Dia menuduh bahwa mereka membiarkan warisan band tersebut membusuk.

“Terlihat dari tindakan terdakwa yang terus berlanjut bahwa tujuan utama mereka adalah menyiksa Nona. Ramone sampai dia setuju untuk menjual kepentingannya,” tulis mereka. “Sangat disesalkan, Terdakwa nampaknya bersedia membiarkan warisan band ini membusuk, demi kepentingan pribadi mereka.”

Sebagai perwakilan Johnny dan Joey Ramone, yang masing-masing meninggal karena berbagai jenis kanker pada tahun 2004 dan 2001, Linda dan Leigh mempertahankan hubungan hukum yang kurang menguntungkan selama bertahun-tahun.

Pada 2019, keduanya menyelesaikan perselisihan berkepanjangan mengenai penggunaan nama 'Ramone', setelah Linda mengubah nama belakangnya menjadi Ramone pada 2014, secara ilegal menggunakan nama Ramone di media sosial, dan bermaksud mengganti nama rumahnya di Los Angeles menjadi 'Ramone Ranch'.

Arbitrase tersebut mengakibatkan Linda Cummings-Ramone dilarang mengganti nama rumahnya menjadi 'Ramone Ranch', meskipun dia diizinkan untuk menamainya 'Johnny Ramone Ranch' atau 'Linda Ramone Ranch' sebagai gantinya. Leigh juga dilarang menghalangi upaya Linda untuk mendapatkan merek dagang atas nama Johnny Ramone dan Linda Ramone.

Adapun film biopik Joey Ramone diumumkan akan ditulis bersama oleh Davidson dan disutradarai oleh kolaborator tetapnya, Jason Orley. Dalam siaran pers Netflix pada saat pengumuman film tersebut, Adam Fogelson, ketua perusahaan produksi film tersebut STXfilms menyatakan: “'I Slept with Joey Ramone' adalah lagu rock yang bagus yang akan menjadi film biopik rock yang sama hebatnya, yang dipisahkan oleh kisah universal keluarga.”