Bagikan:

JAKARTA - Adrian Stefanus Louis Manuhutu alias Ade Manuhutu merupakan penyanyi terkenal di tahun 1970an yang kemudian memilih untuk menjadi seorang Pendeta dan aktif di kegiatan keagamaan Kristiani.

Lahir di Ambon pada 10 Juli 1948, Ade Manuhutu mengembuskan napas terakhirnya pada Minggu, 14 Januari kemarin. Ia meninggal dunia di usia 75 tahun.

Ade Manuhutu dikenal publik lewat lagu-lagu yang dibawakannya, antara lain Nona Anna dan Virgo. Selain itu, ia juga tercatat pernah membintangi beberapa judul film, seperti Gadis Simpanan (1976), Cinta Bersemi (1977), dan Karena Penasaran (1977).

Beberapa penyanyi besar Indonesia yang mengawali karier musik hampir bersamaan adalah Bob Tutupoly, Eddy Silitonga, dan Broery Marantika.

Pada akhir tahun 1980an, Ade Manuhutu memilih untuk meninggalkan dunia hiburan dan fokus kepada kegiatan keagamaan. Sebagai seorang Kristiani, ia memilih untuk menjadi Pendeta dan berkhotbah melalui Gereja Bethel Indonesia (GBI).

Pada tahun 2001 nama Ade Manuhutu kembali muncul ke publik, bukan kembali sebagai figur publik, melainkan keterlibatannya dalam peredaran dolar Amerika palsu.

Ade Manuhutu yang saat itu tengah menumpang taksi, diamankan kepolisian saat melewati Jalan Metro Pondok Indah. Bersamanya, diamankan sebuah koper besi yang disebut dititipkan teman Ade yang merupakan warga negara asing.

Sempat ditahan beberapa saat di Polres Metro Jakarta Selatan, Ade Manuhutu dibebaskan setelah Dewan Pimpinan Pusat Gereja Bethel Indonesia memberikan jaminan.

Kemudian, dalam beberapa kesempatan setelah kasus dolar Amerika palsu tersebut, Ade mengaku tidak tahu-menahu isi dari koper yang dititipkan temannya itu.

Selama ditahan, ia hanya dimintai keterangan, dan warga negara asing yang diketahui berasal dari Papua Nugini pun ditangkap oleh pihak kepolisian.

Berikut profil Ade Manuhutu

Nama lengkap: Adrian Stefanus Louis Manuhutu

Nama panggung: Ade Manuhutu

Lahir: Ambon, 10 Juli 1948

Meninggal dunia: Jakarta, 14 Januari 2024

Pekerjaan: penyanyi, aktor, pendeta

Agama: Kristen