Bagikan:

JAKARTA - Drumer Danny Carey mengungkap, TOOL mungkin akan merilis EP (album mini), bukan album.

Diketahui, grup asal Los Angeles yang digawangi Maynard James Keenan, Adam Jones, Justin Chancellor dan Carey ini merilis album studio kelima sekaligus terbaru mereka, Fear Inoculum, pada 2019. Itu terjadi 13 tahun setelah pendahulunya, 10,000 Days pada 2006.

Pada Oktober lalu, Chancellor memberikan bocoran bahwa para penggemar tidak akan menunggu lama untuk album penuh berikutnya TOOL. Saat tampil dalam podcast The Vinyl Guide, dia mengatakan bandnya sudah “memiliki banyak ide untuk memasak” untuk album baru, namun menegaskan bahwa mereka “belum merekam apa pun”.

Kini, dalam sebuah wawancara baru dengan Revolver, baik Chancellor maupun Carey memberikan informasi tentang apa yang sedang dilakukan TOOL. Mereka menyebut, band sudah mulai nge-jam dan mengumpulkan ide-ide, berharap untuk segera masuk studio setelah mereka menyelesaikan tur.

“Kali ini akan berbeda. Kehidupan setiap orang berbeda, dan ekspektasi setiap orang berbeda,” kata Rektor. “Waktu sangat berharga saat ini, jadi cobalah mencari cara untuk lebih efisien dalam prosesnya. Kami telah banyak berdiskusi tentang hal itu dan bagaimana kami dapat mewujudkan album baru dengan cara yang sedikit berbeda.”

“Sistem filter kami cukup kuat. Jika hal ini berhasil dilakukan oleh kami berempat dalam band, maka kami pikir itu akan berhasil. Ini adalah proses yang sangat melelahkan yang kami lalui untuk menyelesaikan [sebuah album], dan mencapainya di mana kami semua benar-benar yakin,” Carey menimpali.

“Ini terbayar dalam jangka panjang karena kami tidak pernah bosan menampilkan lagu-lagu kami. Hal ini memunculkan sebuah kendaraan yang dapat kita percayai,” lanjut dia.