Bagikan:

JAKARTA - SMK 1 Pancasila Ambulu punya cara yang menarik dalam mengelola akun media sosial. Sekolah yang berada di Kabupaten Jember, Jawa Timur itu mengunggah banyak konten cover lagu yang dinyanyikan siswa-siswinya.

Sudah tiga tahun mereka rutin mengunggah konten cover lagu di akun Instagram resmi sekolah. Bahkan akun Instagram SMK 1 Pancasila Ambulu diikuti hampir 40 ribu orang, jumlah yang terbilang besar untuk akun sekolah.

Sri Sunarnik S.Sos. selaku Wakil Kepala Sekolah mengatakan, konten cover awalnya dibuat dalam rangka menarik minat murid baru. Namun, konten tersebut berkembang dan dijadikan sekolah untuk mendukung minat dan bakat siswa.

“Sekarang ini kan sekolah itu bukan melulu soal pengetahuan saja, tetapi kita harus menampilkan bakat-bakat siswa. Kita harus mengembangkan keterampilan dan bakat siswa yang dimiliki masing-masing siswa, tetapi juga tetap ada pengetahuan,” kata Sri Sumarnik saat dihubungi VOI beberapa waktu lalu.

Dengan konten cover lagu, murid yang memiliki minat dan bakat di dunia musik ataupun dunia kreatif juga bisa mengembangkannya. Pasalnya, proses produksi konten itu juga melibatkan peran siswa-siswi secara aktif.

Aura Belgis Islamaya Iskandar yang akrab disapa Egis, siswi kelas 11 yang mengambil Jurusan Akuntansi jadi salah satu murid yang kerap tampil meng-cover lagu, baik seorang diri maupun bersama teman-temannya yang lain.

Tidak hanya mengembangkan kemampuan dalam bernyanyi, Egis merasa banyak yang mulai mengenal dirinya. Pasalnya banyak konten cover lagu yang menjadi viral dan diunggah ulang akun media sosial lain.

“Yang terutama saya itu senang dan bahagia, karena dikenal banyak orang juga. Itu suatu kebahagiaan buat saya,” katanya.

Egis juga senang karena konten cover lagu didukung penuh pihak sekolah. Dia juga mengaku mendapat dukungan dari orang-orang terdekat, termasuk keluarga. Bahkan, ia mulai menumbuhkan cita-citanya kelak untuk menjadi seorang penyanyi.

“Pengin banget kalau itu (jadi penyanyi),” pungkas Aura Belgis Islamaya Iskandar.