Lembar Lirik Tulisan Tangan David Bowie Ditaksir Laku Rp1,95 Miliar dalam Lelang
David Bowie (Instagram @davidbowie)

Bagikan:

JAKARTA - Lembaran lirik tulisan tangan David Bowie diperkirakan berpotensi terjual hingga 100 ribu poundsterling (setara Rp1,95 miliar) dalam lelang.

Dokumen-dokumen tersebut, yang akan dilelang minggu depan, berisi koreksi, draf, dan catatan mendiang sang penyanyi untuk lagu Rock 'n' Roll Suicide dan Suffragette City.

Keduanya muncul dalam album penting rilisan 1972, The Rise and Fall of Ziggy Stardust and Spiders from Mars.

Sejauh ini, lembaran liriknya dihargai antara 50 ribu sampai 100 ribu (setara Rp978 juta - Rp1,95 miliar). Ini akan ditampilkan pada penjualan showcase Omega Auctions pada 28 November besok.

Lirik lagu Rock N' Roll Suicide (Foto: Dok. Omega Auctions)

Menurut surat asal, halaman tersebut berasal dari sesi rekaman terakhir album. Bowie diduga memberikan lembar lirik itu kepada pemilik asli di Trident Studio, bersama beberapa halaman lirik asli lainnya, beberapa di antaranya tidak bertahan.

Sisi halaman yang berisi lirik Suffragette City juga memperlihatkan catatan di kiri bawah untuk penerbit. Menurut catatan tersebut, Bowie sedang mempertimbangkan dua lagu lagi untuk dimasukkan ke dalam album pada saat itu – It Ain’t Easy dan Round and Round.

Lirik lagu Suffragette City (Foto: Dok. Omega Auctions)

Dikutip dari NME, Senin, It Ain't Easy' menjadi potongan terakhir, sementara Round and Round (cover Chuck Berry) akhirnya dirilis sebagai single B-side tahun 1973, Drive-In Saturday dari Aladdin Sane.

Surat asal juga menyatakan bahwa lembaran tersebut dibeli oleh pemilik saat ini pada awal tahun 1980an, dan dipinjamkan ke V&A pada tahun 2013 untuk sebuah pameran.

“Ini adalah dua favorit kultus dalam karya Bowie yang luar biasa dan ‘Suffragette City’ telah digambarkan sebagai salah satu yang terbaik," kata manajer lelang, Dan Muscatelli-Hampson dalam pernyataannya.

“Ini adalah artefak yang luar biasa untuk dimiliki dan dipegang dan pasti akan membuat jutaan penggemar Bowie di seluruh dunia bersemangat – seperti lirik Starman," lanjut dia.

“Kami sangat antusias untuk melihat apa yang bisa dicapai pada hari itu.”